Manjakan Diri Berendam di Air Panas

nurul roudhoh   |   Hiburan  |   Sabtu, 12 Oktober 2019 - 10:47:11 WIB   |  dibaca: 41 kali
Manjakan Diri Berendam di Air Panas

RAMAI : Kolam mandi untuk anak-anak dipadati pengunjung, kemarin.

Bagi Anda yang merasakan badan pegal-pegal atau ingin merasakan sensasi mandi di sumber air panas alami bisa mencoba pemandian air panas di Cisolong Waterpark Pandeglang. Berjarak 3,9 Kilometer (Km) dari Alun-alun Pandeglang, pemandian yang dikelola Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Pandeglang ini dapat menjadi alternatif pemandian air panas alami yang lokasinya relatif dekat dari pusat kota Pandeglang.

Tb Yayan Ahyani, Pengelola Cisolong Waterpark, mengatakan, pemandian panas ini pertama kali dibangun 2006, namun baru dibuka untuk umum 2011. Karena merupakan pemandian panas milik pemerintah daerah, maka pemandian ini dikelola oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Pandeglang. Pemandian ini juga sering disebut sebagai pemandian air panas pemda oleh warga.

Adapun fasilitas yang disediakan oleh pengelola, yaitu kolam mandi untuk dewasa sebanyak dua kolam, kolam untuk anak-anak satu, dan satu kolam terbuka untuk keluarga. Selain itu ada juga kamar rendam dengan kamar mandi tertutup sebanyak enam kamar yang bisa disewa oleh satu sampai dua orang. Kelebihan kamar rendam adalah pengunjung bisa mengatur tingkat panas atau dinginnya air karena disediakan dua keran berisi air panas dan dingin. "Kami juga sediakan gazebo, tempat duduk, musala, dan toilet," kata Yayan, Jumat (11/10).

Selain bisa menghilangkan pegal-pegal di tubuh Yayan mengklaim air panas di pemandian yang dikelolanya itu juga mampu mengobati penyakit stroke. Penderita stroke harus secara teratur mandi di pemandian minimal seminggu sekali. Bila ingin maksimal bisa tiga kali sekali. Yayan mengungkapkan, sudah banyak penderita stroke yang sembuh karena terapi di air panas yang dikelolanya.

Selain penderita stroke, para pemuda yang telah selesai latihan sepak bola akan langsung mandi di pemandian Cisolong Waterpark untuk menghilangkan pegal-pegal dan memar di badan."Kalau lagi musim turnamen sepak bola rame mandi. Habis main bola nyebur jadi enggak usah diurut lagi," katanya seraya menambahkan air panas di pemandian ini bersumber dari Gunung Karang dan mengandung belerang hanya sedikit.

Tiket Masuk
Tiket masuk untuk dewasa di Cisolong Waterpark hanya Rp5.000 per orang. Sementara anak-anak hanya Rp3.000 per orang. Bagi yang ingin menggunakan kamar rendam dikenai biaya lagi, yaitu untuk dewasa Rp5.000 dan untuk anak-anak Rp3.000. Cisolong Waterpark buka dari pukul 06.30-19.30. Atau paling malam hanya sampai pukul 20.00.

Menurut Yayan, waktu paling tepat untuk menikmati berendam di air panas adalah saat cuaca sedang dingin atau sejuk seperti saat pagi hari atau sore hari sampai malam. Pemandian ini akan ramai dikunjungi pengunjung pada akhir pekan. Sementara pada hari-hari biasa keramaian terjadi pada pagi atau sore hari. "Kalau hari libur enggak lihat jam. Seharian rame," katanya.

Mudah Dijangkau
Lokasi pemandian Cisolong Waterpark sangat mudah untuk dijangkau. Meski lokasinya masuk ke perkampungan dari jalan raya namun karena akses jalan sudah dihotmiks dan diaspal kendaraan roda dua maupun empat bisa dengan mudah menuju ke lokasi.

Rute paling mudah untuk menuju lokasi adalah dari Alun-alun Pandeglang mengambil arah ke Labuan dengan menggunakan Jalan Lintas Timur Pandeglang. Dengan perjalanan sekitar 3,9 km pengunjung akan disambut gapura bertuliskan Selamat Datang di Kawasan Wisata Cisolong di sebelah kiri. Dari gapura hanya perlu menyusuri jalan dan akan sampai ditujuan.

Namun pengunjung jangan sampai salah masuk. Sebab ada tiga pemandian air panas di daerah itu yang saling berdekatan, yaitu pemandian Alam Sari, Gunung Torong, dan Cisolong Waterpark atau Cisolong Pemda. Letak pemandian Gunung Torong dan Cisolong Waterpark sangat dekat karena bersebelahan. (tohir)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook