Pengunjung Perpustakaan Melonjak

nurul roudhoh   |   Metro Serang  |   Sabtu, 12 Oktober 2019 - 11:08:24 WIB   |  dibaca: 44 kali
 Pengunjung Perpustakaan Melonjak

MELONJAK: Salah seorang warga mendaftarkan menjadi anggota Perpustakaan Kota Serang, di Jalan Jenderal Sudirman, Ciceri, Kota Serang, Jumat (11/10).

SERANG, BANTEN RAYA- Pengunjung perpustakaan pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (DPKD) Kota Serang mengalami lonjakan. Berdasarkan data DPKD, jumlah pengunjung perpustakaan per September tahun 2019 sebanyak 26.546 orang. Jumlah tersebut lebih banyak dibandingkan tahun 2018 sebanyak 23.377 orang. Data ini menunjukan bahwa minat baca masyarakat di Kota Serang terus mengalami peningkatan.

Kepala Seksi (Kasi) Pelayanan DPKD Kota Serang Yani mengatakan, pada tahun 2019 ini jumlah pengunjung perpustakaan terus mengalami peningkatan hingga mencapai 20 hingga 30 orang per hari. Bahkan jumlahnya terus bertambah ketika mahasiswa tengah mengerjakan tugas.“Jadi kadang bisa sampai 50 orang pengunjung per hari. Kalau memang lagi mengerjakan tugas kelompok dari kampusnya,” ujar Yani kepada Banten Raya, saat ditemui di kantor DPKD, Jalan Jenderal Sudirman Nomor 5, Ciceri, Kota Serang, Jumat (11/10) siang sekitar pukul 10.30.

Ia menyebutkan, pengunjung terbanyak berasal dari mahasiswa yang tengah belajar di kampus yang ada di Kota Serang. Namun ada juga masyarakat biasa yang memang berminat untuk membaca buku-buku yang ada di DPKD Kota Serang.“Memang kalau dilihat itu paling banyak mahasiswa terutama dari kampus UIN Sultan Maulana Hasanuddin (SMH) Banten. Pelajar juga ada,” sebut dia.

Menurut Yani, melonjaknya pengunjung ini menunjukan bahwa minat baca masyarakat meningkat, hal ini juga akan berdampak pada tingkat wawasan sehingga turut serta dalam membangun Kota Serang menjadi lebih baik, melalui masukkan-masukkan yang ditujukan pada Pemerintah Kota (Pemkot) Serang.“Ini sangat bagus, dan kami sangat senang dengan apa yang tertera pada buku kami. Diharapkan jumlah kunjungan akan terus meningkat tiap tahunnya,” terangnya.

Kepala DPKD Kota Serang Wahyu Nurjamil mengatakan, pihaknya terus berupaya untuk meningkatkan minat baca masyarakat Kota Serang. Sampai saat ini beberapa upaya yang telah dilaksanakan yaitu merevitalisasi ruang baca perpustakaan, menambah koleksi buku mulai dari segmen anak sampai umum, hingga meningkatkan jadwal perpustakaan keliling.“Kami senang dengan meningkatkan kunjungan perpustakaan, semoga apa yang telah dilaksanakan akan selalu mendapat hasil yang maksimal,” ujar Wahyu.

Selain itu, ia juga akan melakukan upaya lain seperti menyiapkan unit-unit perpustakaan khusus, pojok baca, dan perpustakaan umum. Kemudian membuat perpustakaan digital, hingga menguatkan taman baca masyarakat (TBM) yang tersebar di Kota Serang.“Kami tidak akan terus diam, dan akan terus berupaya agar minat baca masyarakat Kota Serang ini terus meningkat, sehingga wawasan masyarakat terus berkembang,” terang dia. (harir/rahmat)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook