Ditolak Pemkot Serang, DLH Klaim TPSA Bagendung Normal

nurul roudhoh   |   Metro Cilegon  |   Rabu, 16 Oktober 2019 - 10:53:46 WIB   |  dibaca: 27 kali
Ditolak Pemkot Serang, DLH Klaim TPSA Bagendung Normal

MEMULUNG : Seorang pemulung mengambil sampah yang bernilai di TPSa Bagendung, Kota Cilegon, belum lama ini.

CILEGON, BANTEN RAYA - Penolakan pembuangan sampah dari Kota Cilegon ke TPSA Cilowong oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Serang mendapat respons dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cilegon. DLH Cilegon mengklaim tidak masalah atas penolakan tersebut, lantaran saat ini TPSA Bagendung Kota Cilegon sudah kembali beroperasi normal.

Kepala Bidang Persampahan dan Limbah Bahan Berbahaya Beracun (B3) pada DLH Kota Cilegon, Mochammad Teddy Soeganda mengatakan, adanya penolakan dari Pemkot Serang menurutnya tidak menjadi masalah. “Kita menyurati pembuangan sampah di Cilowong waktu kebakaran di TPSA Bagendung, kalau sekarang ditolak juga tidak masalah karena Bagendung sudah normal,” kata Teddy kepada Banten Raya, Selasa (15/1).

Dikatakan Teddy, permohonan pembuangan sampah di TPSA Cilowong itu juga hanya untuk sampah industri saja. “Dulu memang permohonan pembuangan sampah untuk sampah industri saja itupun ada pembayaran kompensasi sesuai kubikasi. Sekarang sudah normal kok, sudah tidak ada masalah di TPSA Bagendung,” terangnya.

Ia menambahkan, saat ini pembuangan sampah rumah tangga maupun sampah industri kembali berjalan normal. Kebakaran sudah tidak ada. “Upaya pencegahan kebakaran kami lakukan,” ujarnya.

Sebelumnya, Walikota Serang, Syafrudin menyatakan, secara tegas menolak Pemkot Cilegon membuang sampah di TPSA Cilowong milik Kota Serang. Sekali pun retribusi yang diberikan besar dan berkali-kali lipat, pihaknya tetap menolak. Sebab, kondisi Cilowong saat ini sedang dalam penataan pasca longsor tahun lalu.

"Kami memberikan ketegasan, meski retribusinya besar, saya menolak. Sebab tahun lalu saja longsor. Kami sendiri baik pemkot maupun pemkab seharusnya tidak membuang sampah di sana. Jadi Pemkot Serang menolak Pemkot Cilegon membuang sampah ke Cilowong,? ujar Syafrudin kepada wartawan, usai rapat.

Ia juga mengatakan, kalau Pemkot Cilegon belum memberikan surat permohonan terkait permintaan tempat pembuangan sampah. "Belum, saya belum menerima suratnya, dan memang mungkin belum melayangkan (surat)," ucap dia. (gillang)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook