Jalur Perseorangan Butuh 24.698 Dukungan

nurul roudhoh   |   Metro Cilegon  |   Kamis, 17 Oktober 2019 - 12:37:27 WIB   |  dibaca: 42 kali
Jalur Perseorangan Butuh 24.698 Dukungan

SOSIALISASI : Komisioner KPU Banten dan Kota Cilegon saat memberikan informasi soal syarat calon perseorangan dan parpol, kemarin.

CILEGON, BANTEN RAYA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cilegon menyosialisasikan mengenai syarat pencalonan Walikota dan Wakil Walikota Cilegon 2020. Untuk jalur perseorangan, syarat minimal calon harus mendapatkan 24.698 dukungan atau 8,5 persen dari Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kota Cilegon sebanyak 290.571, sementara untuk jalur dukungan partai politik (Parpol) sebanyak 20 persen atau 8 kursi dari jumlah kursi DPRD Kota Cilegon saat ini sebanyak 40 kursi.

Koordinator Divisi (Kordiv) Teknis KPU Provinsi Banten, Mashudi menyatakan, jumlah 24.698 dukungan tersebut merupakan pemenuhan syarat minimal awal bagi calon perseorangan untuk mendaftar. Jika sudah dilakukan verifikasi oleh KPU, baru bisa menjadi calon dan mendaftarkan sebagai calon.

“Berbeda dengan Pilkada sebelumnya, sekarang dilakukan lebih awal dan menjadi mekanisme pemenuhan syarat bagi bakal calon perseorangan untuk menyertakan dukungan sebanyak 8,5 persen dari jumlah DPT Pilpres,” katanya kepada wartawan usai Sosialisasi Tahapan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pimilukada) 2020, yang digelar KPU Kota Cilegon, Rabu (16/10) di salah satu hotel di Cilegon.

Mashudi menjelaskan, untuk syarat parpol sendiri harus mendapatkan dukungan sebanyak 20 persen kursi atau 8 kursi dari jumlah 40 kursi DPRD Kota Cilegon, atau jika menghitung sekitar 25 persen dari jumlah total pemilih di Kota Cilegon.“Parpol disyaratkan 8 kursi itu sudah sesuai dengan 20 persen dari jumlah kursi DPRD Kota Cilegon sebanyak 40,” imbuhnya.

Syarat dukungan tersebut berdasarakan Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Perubahan Kedua Atas Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2015 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota menjadi Undang-Undang.

Sementara itu, Ketua KPU Kota Cilegon, Irfan Alfi mengungkapkan, pada Pemilukada 2020 untuk syarat dukungan sendiri selain melampirkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) juga akan ada form dukungan B1KWK.

Syarat minimum dukungan tersebut akan ditetapkan pada Oktober, sehingga pada Desember sampai Maret calon perseorangan bisa melakukan proses dukungan.“Calon perseorangan inikan waktunya panjang, sehingga mulai sekarang kami sosialisasikan kepada semuanya. Bukan hanya paprol tapi juga masyarakat secara luas,” singkatnya. (uri)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook