Warga Cimarga Desak Penanganan Situ Palayangan

nurul roudhoh   |   Lebak  |   Kamis, 17 Oktober 2019 - 12:50:48 WIB   |  dibaca: 31 kali
Warga Cimarga Desak Penanganan Situ Palayangan

DITUMBUHI RUMPUT: Lokasi Situ Palayangan, Kecamatan Cimarga mulai ditumbuhi rumput, Rabu (16/10).

LEBAK, BANTEN RAYA- Pendangkalan Situ Palayangan, Kecamatan Cimarga hingga kini belum ada penanganan dari Balai Besar Wilayah Sungai Cidanau Ciujung Cidurian (BBWSC3) Banten. Agar kondisi Situ Pelayangan kembali normal, warga Cimarga mendesak BBWSC3 segera melakukan penanganan pendangkalan Situ Palayangan.

Suradi, warga Cimarga kepada Banten Raya mengungkapkan, awal tahun ini pihaknya menerima informasi bahwa pendangkalan di Situ Palayangan akan diusulkan ke BBWSC3. Namun hingga saat ini pihak BBWSC3 belum juga memberikan informasi tentang tindak lanjut usulan tersebut.“Saya tidak tahu apakah usulan tersebut sudah dilakukan atau belum, yang pasti kami menginginkan agar pihak terkait segera melakukan penanganan pendangkalan di Situ Palayangan,” ujar Suradi, kemarin.

Menurutnya, kondisi pendangkan yang terjadi saat ini di Situ Palayangan semakin parah. Bahkan karena terlalu lama dibiarkan, Situ Palayangan yang menyerupai danau tersebut kini telah menjadi daratan, serta nyaris seperti lapangan rumput hijau. Situ ditumbuhi rumput sehingga mengalami pendangkalan. Tidak jarang warga mengembala hewan ternaknya di situ tersebut. “Mudah-mudahan saja usulannya dikabulkan, sehingga kami bisa menikmati air di situ tersebut untuk berbagai kebutuhan masyarakat,” katanya.

Heri, warga Cimarga lainnya mengatakan, saat kondisi Situ Palayangan masih normal, maka air di situ tidak hanya dimanfaatkan untuk kepentingan pertanian, tetapi sering dimanfaatkan pula oleh masyarakat sebagai tempat pembenihan ikan air tawar. “Akibat mengalami pendangkalan, maka sudah tidak ada yang bisa dimanfaatkan masyarakat di situ tersebut,” kata Heri.

Terpisah, Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA) pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Lebak Dade Yanapriandi membenarkan bila penanganan Situ Palayangan sedang diusulkan BBWSC3. Namun untuk mengetahui kelanjutan dari usulan tersebut, pihaknya harus mencari informasi langsung ke BBWSC3. “Nanti akan saya coba cari tahu, apakah usulan itu direalisasikan atau tidak oleh pemerintah pusat,” kata Dade. (hudaya/rahmat)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook