Jalan ke Kantor Syafrudin Dibangun Swadaya

nurul roudhoh   |   Metro Serang  |   Kamis, 17 Oktober 2019 - 15:57:33 WIB   |  dibaca: 71 kali
Jalan ke Kantor Syafrudin Dibangun Swadaya

TAK PAKAI APBD : Pekerja beristirahat usai memperbaiki jalan akses menuju Pemkot Serang di KSB, Rabu (16/10).

SERANG, BANTEN RAYA – Akses jalan perumahan Kota Serang Baru (KSB) menuju Pusat Pemerintahan Kota (Puspemkot) Serang dibangun secara swadaya oleh masyarakat perumahan Kelapa Gading dan Permata Hijau. Pengguna jalan pun yang biasa melintas pun senang karena laju kendaraanya pun jadi lancar.

Namun berdasarkan pantauan Banten Raya di lokasi, Rabu (16/10) pagi sekitar pukul 09.00, pelaksanaan perbaikan dan pemeliharaan akses jalan tersebut dilakukan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Serang.

Hal itu dibuktikan dengan keberadaan kendaraan alat berat silinder dan mobil pik up bernomor polisi (nopol) pelat merah bertuliskan DPUPR Kota Serang. Mobdin tersebut tengah menurunkan material aspal yang dilakukan oleh tujuh pekerja untuk perbaikan jalan KSB.

Ketika dikonfirmasi kepada salah seorang pekerja yang enggan disebutkan namanya mengaku tidak tahu persis terkait siapa pelaksana proyek pekerjaan tersebut. ”Tidak tahu pak. Kita mah cuma pekerja doang,” ujar pria berseragam warna hitam, sambil berlalu pergi.

Kepala Bidang Pembangunan Pemanfaatan dan Pengendalian Perumahan Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPRKP) Kota Serang, Dadan Priatna, mengatakan bahwa perbaikan dan pemeliharaan jalan KSB yang tengah dilakukan itu merupakan hasil swadaya masyarakat sekitar.

“Kalau pembangunan yang sekarang itu dari warga itu. Warga sekitar yaitu warga Perumahan Kelapa Gading dan Permata Hijau. Jadi pelaksanaanya dilaksanakan oleh warga sekitar. Itu tidak ada anggaran dari APBD Kota Serang. Itu swadaya,” ujar Dadan, ditemui di ruang kerjanya di kantor DPRKP Kota Serang, Puspemkot Serang, KSB, Kota Serang, kemarin.

Ia menjelaskan, Pemkot Serang tidak mungkin akan melaksanakan pekerjaan apabila proses penyerahan prasarana sarana utility (PSU) belum dilaksanakan.“Tapi kalau misalkan itu ada pekerjaan di lapangan seperti yang sudah dilihat sekarang ini. Itu hanya swadaya atau keinginan dari masyarakat supaya kondisi jalan tidak rusak berat,” jelas dia.

Terkait adanya mobdin dan pekerja yang dilakukan DPUPR Kota Serang, Dadan menyebutkan bahwa hal itu lakukan hanya untuk memberikan bantuan semata.“Bukan dinas itu mungkin minta tolong bantuan alat saja. Untuk materialnya itu swadaya masyarakat,” tegasnya.

Dadan menerangkan, untuk perbaikan akses jalan perumahan KSB menuju Pemkot Serang perencanaanya akan dilaksanakan di tahun 2019 tepatnya pada anggaran perubahan. Namun di tahun 2020, akan dilaksanakan pembangunan fisik badan jalannya yang mencapai kurang lebih 3 kilometer dengan lebar sekitar 6-8 meter.

“Cuman dalam pelaksanaan pembanguna fisik tentunya kami harus mempersiapkan terlebih dahulu untuk proses penyerahan PSU nya yaitu berupa jalan, dan lain-lain yang untuk di KSB ini. Jadi tidak hanya jalan yang kita perbaiki, yang kita akan bangun, tapi termasuk insya Allah kalau ini  diserahkan secara keselurahan taman juga nanti akan kita bangun. Yang sudah jelas kalau misalkan pelaksanaan fisik 2020, tentunya PSU harus segera diserakan ke kita untuk KSB ini,” terang Dadan.

Pemkot Serang, lanjut dia, sudah melakukan komunikasi dengan pihak pengembang KSB yakni PT Pujiadjipapan Kreasindo. Pihaknya pun sudah koordinasi dengan pihak pengembang ke kantornya di Jakarta.“Dan insya Allah kami akan persiapkan MoU dan penyerahan fasos dan fasumnya sebelum pelaksanan fisik 2020 dilaksanakan. Dan insya Allah dalam waktu dekat ini, kami akan ke Jakarta kembali untuk menanyakan perihal tindak lanjut langkah pertama yang sudah kita laksanakan.” ucap dia.

Dadan menyebutkan bahwa pihaknya telah menganggarkan Rp 6 miliar untuk pembangunan akses jalan perumahan KSB, yang dimulai dari gerbang KSB hingga perlintasan kereta api.
Rencananya itu kita akan melaksanakan untuk badan jalannya itu sesuai kondisi exiting yang sekarang. Kita akan laksanakan pengerjaannya itu dengan menggunkan hotmix ya. Kemudian nanti akan dilanjutkan ke lokasi sampai rumah pak wakil juga  di Bogeg,” sebutnya.

Hampir senada dikatakan Kepala DPRKP Kota Serang Iwan Sunardi. Ia membenarkan bahwa akses jalan perumahan KSB dibangun swadaya masyarakat. “Iya benar. Kalau tidak salah itu sejak seminggu yang lalu,” singkatnya.

Taslim, salah seorang pengendara sepeda motor mengaku gembira jalan Perumahan KSB telah dilakukan perbaikan dan pemeliharaan. “Ya pastinya saya pribadi senang. Jalannya lancar dan motor saya pun tidak berisik saat lewat jalan sini,” kata warga asal Bogeg, Kelurahan Banjar Agung, Kecamatan Cipocok Jaya, ini. (harir)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook