Ada Jembatan dan Gapura Warna-warni di Karangkletak

nurul roudhoh   |   Serang Raya  |   Jumat, 18 Oktober 2019 - 11:01:06 WIB   |  dibaca: 37 kali
Ada Jembatan dan Gapura Warna-warni di Karangkletak

TIRTAYASA – Tiga jembatan dan tiga gapura di RW 03, Kampung Karangkletak, Desa Samparwadi, Kecamatan Tirtayasa, telah rampung dihias. Warga menggunakan cat beberapa warna agar suasana kampung lebih semarak dan indah. Jembatan dan gapura ini menjadi andalan warga Karangkletak pada Lomba Kampung Bersih dan Aman Kabupaten Serang 2019.

Kepala Urusan (Kaur) Umum Pemerintah Desa Samparwadi Subti menjelaskan bahwa pengecatan tiga jembatan di atas Sungai Sampah dan gapura itu dilakukan warga untuk menghilangkan kesan kumuh. Penataan lingkungan Karangkletak melalui gotong royong ini, diakuinya, sebagai bukti bahwa warganya telah sadar dengan kebersihan.

Hal itu menjadi salah satu pertimbangan Pemerintah Samparwadi memilih Karangkletak untuk mewakili desa dalam perlombaan tersebut.“Setiap pagi, ibu rumah tangga di Karangkletak membersihkan teras halaman rumahnya. Sehingga, lingkungan kampung juga menjadi bersih,” katanya kepada Banten Raya TV (grup Radar Banten), Kamis (17/10).

Warga Karangkletak, kata Subti, juga cukup disiplin membuang sampah ke tempat penampungan sampah sementara sebelum membakarnya. “Gotong royong rutin dilakukan warga, juga pada setiap peringatan hari besar Islam (PHBI),” terangnya.

Keamanan lingkungan di RW 03, Kampung Karangkletak, sebut Subti, cukup terjamin. Pemuda kampung ini aktif ronda malam. “Kalau ada tamu atau pengunjung hingga larut malam, maka dinasihati. Jika hendak menginap, tamu diarahkan menemui ketua RT,” jelasnya.

Karangkletak juga memiliki organisasi keagamaan yang terdiri dari tokoh masyarakat dan warga RW 03. Perannya adalah mediator jika terjadi perselisihan antarwarga.Sementara, Ketua RT 08 RW 03, Kampung Karangkletak, Suhandes menyampaikan dukungannya pada keikutsertaan kampungnya mengikuti Lomba Kampung Bersih dan Aman. “Saya sangat setuju kalau Karangkletak diikutkan dalam lomba. Agar masyarakat tergugah, tidak membuang sampah sembarangan. Saya juga berharap, warga Karangkaletak membuang sampah pada penampungan sampah yang sudah ada,” katanya. (jay/ang/ags)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook