Wajah Panebong Curug Jauh Berubah

nurul roudhoh   |   Serang Raya  |   Jumat, 18 Oktober 2019 - 11:02:56 WIB   |  dibaca: 51 kali
Wajah Panebong Curug Jauh Berubah

KIBIN – Perubahan drastis terjadi di lingkungan RW 002, Kampung Panebong Curug, Desa Nambo Ilir, Kecamatan Kibin. Kini, tak ada lagi kesan kumuh. Perkampungan di kawasan industri di wilayah Timur Kabupaten Serang itu tampak jauh berbeda. Bersih, indah, dan terkesan modern.

Perubahan lingkungan empat RT di RW 002, Kampung Panebong Curug, ini terjadi setelah warga giat membenahi kampungnya sejak pertengahan Agustus lalu. Pemerintah Desa Nambo Ilir bersama warga konsen merealisasikan rencana pembenahan atau penataan lingkungan agar sesuai dengan kriteria penilaian Dewan Juri Lomba Kampung Bersih dan Aman Kabupaten Serang 2019.

Awal September, perlahan tapi pasti, wajah Panebong Curug mulai berubah. Ini terjadi seiring dengan kegiatan warga membersihkan saluran pembuangan air limbah rumah tangga, mengadakan tong sampah, menata pos ronda, dan kegiatan lainnya. Kini, taman bermain anak, taman baca, saung kreatif, spot selfie dengan nama Taman Cinta hadir di RW 002, Kampung Panebong Curug.“Ini hajat desa. Tidak berpikir hanya Kampung Panebong Curug, karena yang dilombakan atas nama desa,” tegas Kepala Desa Nambo Ilir Sahriyudin kepada Radar Banten pada Rabu (16/10).

Perubahan wajah Panebong Curuhg ini, diklaim Sahriyudin, baru mencapai 70 persen. Pemerintah desa dan warga tinggal melakukan finishing di tiap jenis penataan lingkungan kampung ini.“Kalau optimis mah harus. Tapi, utamanya mendorong warga peduli terhadap lingkungan. Itu lebih utama,” tandasnya. “Saya berharap, ke depannya, warga bertanggung jawab dengan apa yang telah dilakukan saat ini. Karena, ini tempat tinggal kita bersama,” tambah Sahriyudin.

Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Nambo Ilir Sachroni berharap, perubahan yang terjadi di Panebong Curug bisa menumbuhkan kesadaran warganya dalam menjaga kebersihan dan keamanan lingkungan. “Kalau dilihat sekarang, sudah banyak perubahan. Jauh dari kemarin-kemarin. Penataan terus berlanjut,” katanya. “Yang ditata itu jalan gang, taman, saung baca, saung kreatif, taman bermain anak, Taman Cinta, hingga poskamling,” imbuhnya. (fdr/don/ags)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook