Lingkungan PTPN VIII Jadi Tempat Pembuangan Sampah

nurul roudhoh   |   Lebak  |   Jumat, 18 Oktober 2019 - 14:23:19 WIB   |  dibaca: 46 kali
Lingkungan PTPN VIII Jadi Tempat Pembuangan Sampah

KUMUH: Sampah yang menumpuk di area lahan PTPN VIII di Cileuweung, Rangkasbitung, membuat area tersebut menjadi kumuh, Kamis (17/10).

LEBAK, BANTEN RAYA- Lahan di lingkungan Perusahaan Terbatas Perkebunan Nusantara (PTPN) VIII di Kampung Cileuweung, Desa Rangkasbitung Timur, Kecamatan Rangkasbitung, dijadikan tempat pembuangan sampah oleh masyarakat. Akibat kondisi tersebut, lahan PTPN yang persis berada disi Jalan Siliwangi tersebut menjadi kumuh dan kotor.

Bahkan pemandangan yang sebelumnya terlihat hijau oleh rerumputan dan dihiasi tanaman kepala sawit, kini di sekitar lokasi pembuangan sampah tersebut menjadi kurang enak dipandang mata.

Haerudin, warga Rangkasbitung mengaku setiap hari melintasi Jalan Siliwangi. Dia heran bila oknum masyarakat di sekitar PTPN VIII di Cileuweung memanfaatkan lahan yang hijau tersebut menjadi tempat pembuangan sampah.

Mengingat lokasi yang dijadikan tempat pembuangan sampahnya berada persis di sisi jalan, maka kondisi PTPN VIII tersebut menjadi kumuh."Lokasi tempat pembuangan sampah tersebut mencerminkan bila masyarakat di sekitar PTPN tidak mendukung program Lebak Sehat yang dicanangkan Bupati Iti Octavia Jayabaya. Saya perhatikan, ada beberapa tempat sampah yang bisa digunakan untuk masyarakat. Saya heran, kenapa justru di lahan yang hijau di PTPN VIII yang dijadikan tempat sampah,” ujar Haerudin, kemarin.

Marni, warga Rangkasbitung lainnya menambahkan, bila kondisi tersebut tidak segera dicegah pihak terkait, maka lahan untuk membuang sampah di PTPN VIII akan semakin meluas. Dampaknya bisa mengakibatkan Jalan Siliwangi menjadi kumuh. “Kami rasa pihak terkait harus segera menemui warga yang bermukim di sekitar PTPN VIII untuk memberikan larangan tidak membuang sampah sembarangan ke lingkungan PTPN,” kata Marni.

Menanggapi hal itu, Kepala Bidang Kebersihan pada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Lebak Iwan Sutikno mengatakan, pihaknya sudah mengimbauan masyarakat di sekitar PTPN VIII Cileweung. Namun bila masih membandel, pihaknya akan berupaya melakukan pendekatan sekaligus berupaya menyeterilkan lahan milik PTPN yang dikotori tumpukan sampah. “Besok (hari ini) kami akan menerjunkan petugas sampah untuk menyeterilkan lahan di PTPN VIII Cileuweung agar terbebas dari sampah,” kata Iwan. (hudaya/rahmat)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook