Pemilik KIA Masih Minim

nurul roudhoh   |   Lebak  |   Jumat, 18 Oktober 2019 - 14:25:55 WIB   |  dibaca: 50 kali
Pemilik KIA Masih Minim

WAWANCARA: Kepala Disdukcapil Lebak Ujang Bahrudin (kiri) didampingi para stafnya saat jumpa pers untuk menginformasikan kerja sama dengan pihak swasta untuk meningkatkan pembuatan KIA, Kamis (17/10).

LEBAK, BANTEN RAYA- Jumlah pemilik kartu identitas anak (KIA) di Kabupaten Lebak dinilai masih minim. Berdasarkan data Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Lebak, dari 349.893 anak usia 1 sampai 16 tahun, baru 38.606 anak di antaranya yang telah memiliki KIA.

Kepala Disdukcapil Lebak Ujang Bahrudin mengatakan, agar para orang tua termotivasi untuk segera membuat KIA bagi anaknya, maka sejak beberapa bulan ini disdukcapil melakukan kerja sama dengan sejumlah pihak swasta seperti para pemilik toko buku dan tempat wisata renang Bina Insa Mandiri (BIM) Rangkasbitung, serta sejumlah rumah sakit yang tersebar di Lebak.

Bentuk kerja sama khusus yang dilakukan dengan toko buku dan BIM Rangkasbitung, yakni setiap anak yang bisa menunjukan KIA serta berbelanja ke toko buku, maupun berwisata ke kolam renang BIM, maka akan diberikan potongan harga sebesar 10 persen. "Sedangkan bagi anak yang belum memiliki KIA, maka tetap pakai harga normal," ujar Ujang Bahrudin, kemarin.

Menurutnya, dengan memberikan potongan harga 10 persen bagi anak yang berbelanja ke toko buku maupun yang bermain ke BIM Rangkasbitung, maka akan menjadi daya tarik tersendiri bagi para orang tua untuk berlomba-lomba membuat KIA ke disdukcapil. “Kami harap melalui kerja sama ini, jumlah anak yang memiliki KIA akan terus bertambah. Perlu diketahui, pembuatan KIA di dinas kami tidak dipungut biaya,” jelasnya.

Agar masyarakat khususnya para orang tua semakin semangat untuk membuat KIA, maka pihaknya terus mendorong dengan sejumlah pihak swasya lainnya di Lebak, selain para pemilik toko buku dan tempat wisata kolam renang. “Mudah-mudahan upaya kami ini menjadi hal yang positif, khususnya bagi percepatan kepmilikan KIA bagi anak-anak di Lebak,” harapnya.

Plt Sekretaris Disdukcapil Lebak Ahmad Nur mengatakan, hingga saat ini masih banyak anak yang belum memiliki KIA. Namun setelah dilakukan kerjasama dengan pihak swasta, maka mulai terasa peningkatannya.

Sehingga hampir setiap hari banyak orang tua yang mengajukan peromohan pembuatan KIA bagi anak-anaknya. “Mudah-mudahan kerja sama yang kami lakukan dengan pihak swasta terus memacu masyarakat untuk segara mengajukan pembuatan KIA untuk anaknya,” kata Ahmad. (hudaya/rahmat)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook