Tanto: Pertahankan Opini WTP

nurul roudhoh   |   Pandeglang  |   Jumat, 18 Oktober 2019 - 14:29:24 WIB   |  dibaca: 20 kali
Tanto: Pertahankan Opini WTP

BERI ARAHAN : Wakil Bupati Tanto Warsono Arban (kanan) memberi arahan kepada OPD saat menerima kunjungan BPK RI Perwakilan Banten di Gedung Garuda Pendopo Kabupaten Pandeglang, Kamis (17/10).

PANDEGLANG, BANTEN RAYA - Wakil Bupati Tanto Warsono Arban mengingatkan para pegawai di lingkungan Pemkab Pandeglang untuk bekerja secara optimal dalam menyajikan laporan keuangan dengan baik. Tanto berharap, pemerintah daerah bisa mempertahankan opini wajar tanpa pengecualian (WTP) seperti yang sudah diraih dalam tiga tahun terakhir secara berturut-turut.

"Saya berharap ASN melaksanakan pembangunan sesuai aturan dan bisa menyajikan laporan keuangan dengan baik, sehingga tahun 2019 kita bisa kembali meraih WTP dari BPK (badan pemeriksa keuangan)," harap Tanto saat menerima kunjungan dari BPK RI Perwakilan Banten di gedung Garuda Pendopo Kabupaten Pandeglang, Kamis (17/10).

Tanto menyebutkan, setiap tahun BPK rutin melakukan pemeriksaan terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD). Namun pemerintah daerah sering kali mendapat LKPD kurang memuaskan. Setelah pihaknya menjabat, laporan keuangan sudah cukup baik. "Sebelum Irna-Tanto menjabat laporan keuangan di lingkungan Pemkab Pandeglang masih sangat kurang memuaskan, namun setelah kami menjabat sudah mendapat opini WTP tiga kali dari tahun 2016, 2017, dan 2018," kata Tanto.

Menurutnya, WTP yang diraih berkat kerjasama dan kerja keras semua pegawai organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemkab dalam menindaklanjuti hasil pemeriksaan BPK. "Saya berikan apresiasi terhadap para pegawai dalam melaksanakan program pembangunan untuk menuntaskan PR (pekerjaan rumah-red) kepala daerah. Oleh karena itu, di tahun keempat ke pemimpinan Irna-Tanto mudah-mudahan bisa kembali meraih WTP," imbuhnya.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Pandeglang, Iskandar mengatakan, pihaknya bersama OPD akan berupaya mempertahankan opini WTP dari BPK. "Insya Allah kita optimistis, kita ingin mempertahankan opini WTP yang keempat kalinya. Namun semuanya tergantung OPD dari laporan keuangan OPD yang kemudian diakumulasikan menjadi laporan keuangan pemerintah daerah, dan proses pelaksanaannya efektif dan efisien. Kami terus melakukan pembinaan di setiap OPD dalam tata kelola keuangan," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala BPK Perwakilan Banten, Agus Khotib mengatakan, kunjungannya ke Kabupaten Pandeglang dalam rangka pemeriksaan kinerja atas efektivitas pengelolaan dana bidang kesehatan. "Audit ini untuk mendukung pelayanan kesehatan dasar tahun 2018 dan semester I tahun 2019," ujarnya. (yanadi)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook