Pustakawan Masuk Sekolah

nurul roudhoh   |   Pendidikan  |   Rabu, 04 September 2019 - 14:08:31 WIB   |  dibaca: 334 kali
Pustakawan Masuk Sekolah

LITERASI: Kepala Seksi Pembudayaan Kegemaran Membaca, Evi Syaefudin pada DPKBanten saat mengkampanyekan budaya literasi di SMANegeri 15 Pandeglang, Selasa (3/9), kemarin.

PANDEGLANG, BANTEN RAYA-Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Banten menggelar program Pustakawan Masuk Sekolah. Sebanyak empat sekolah pada jenjang pendidikan SMA, SMK dan MTs di Kabupaten Pandeglang, menjadi lokasi program Pustakawan Masuk Sekolah.

Kepala DPK Banten, Ajak Moeslim mengatakan, kegiatan ini salah satu upaya DPK Banten untuk mengkampanyekan budaya literasi di lingkungan sekolah. Kegiatan ini, kata Ajak, bertujuan untuk meningkatkan kegemaran membaca siswa SMA, dengan cara memotivasi mereka untuk lebih banyak membaca buku sebagai bekal untuk kehidupan dimasa depan."Tentunya metode yang kami gunakan dalam menyampaikan materi dikemas semenarik mungkin, sesuai dengan gaya anak-anak jaman now," kata Ajak kepada Banten Raya, kemarin.

Ia menjelaskan, membaca merupakan sebuah proses transfer pengetahuan, baik dari teks maupun konteks. Indonesia sebenar lagi diprediksi akan mengalami apa yang disebut bonus demografi. Bonus demografi akan menjadi hal positif, jika pengelolaan sumberdaya manusia baik."Melalui kegiatan ini diharapkan siswa termotivasi meningkatkan kualitas dirinya melalui membaca buku," ungkapnya.

Senada disampaikan Kepala Seksi Pembudayaan Kegemaran Membaca DPK Provinsi Banten, EviSyaefudin, kegiatan ini juga diisi oleh pustakawan Provinsi Banten yang melakukan dialog dengan pengelolan perpustakaan untuk melakukan penataan pepustakaan sekolah.

"Kesadaran siswa mengenai tantangan yang akan dihadapi dimasa depan harus terus dilakukan, sehingga peserta didik akan sisap menghadapi sistuasi dimasa depan. Paling tidak melalui membaca, siswa mempunyai banyak alternatif pilihan masa depannya," katanya."Kegiatan Pustakawan Masuk Sekolah ini mengunjungi empat sekolah di Kabupaten Pandeglang, yaitu SMA Negeri 7, MTs Negeri 1, MTs Negeri 5 dan SMA Negeri 15," sambungnya. (satibi)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook