Tanaman Sayur dan Obat untuk Penghijauan

nurul roudhoh   |   Serang Raya  |   Sabtu, 19 Oktober 2019 - 10:20:54 WIB   |  dibaca: 73 kali
Tanaman Sayur dan Obat untuk Penghijauan

PAMARAYAN – Penghijauan menjadi konsep utama penataan lingkungan RT 19 dan 25 di RW 06, Kampung Pasirpadudukan, Desa Kampungbaru, Kecamatan Pamarayan. Tamanan sayur dan tanaman obat sebagai apotek hidup menjadi pilihan. Halaman rumah warga sebagai media tanam.

Salah satu tokoh masyarakat Pasirpadudukan Jasmara mengatakan, tanaman yang dipilih untuk menghijaukan kampungnya melalui pekarangan rumah warga adalah tanaman yang bermanfaat secara ekonomi bagi warga. “Selain sayuran, jenis tanaman obat juga ditanam di halaman rumah warga, seperti kunyit, jahe, laos, dan sirih,” ujarnya kepada Banten Raya TV (grup Radar Banten), Kamis (17/10).

Pengurus lingkungan dan tokoh masyarakat di Pasirpadudukan telah menunjuk kader PKK Pasirpadudukan untuk menyukseskan penghijauan ini. Kader PKK yang akan menggerakkan warga kampung ini untuk memanfaatkan lahan di rumahnya.

Kegiatan kerja bakti, lanjut Jasmara, juga akan digalakkan kembali di Pasirpadudukan. Ia mengakui, Lomba Kampung Bersih dan Aman Kabupaten Serang 2019 telah memicu semangat warga untuk membersihkan lingkungan Pasirpadudukan.

“Warga juga akan kita dorong untuk melakukan pemagaran. Apalagi, kampung kami punya sumber daya yang melimpah. Makanya, selain jadi petani, ada (warga Pasirpadudukan-red) yang jadi pembuat anyaman bambu,” terang Jasmara.

Sementara itu, Kaur Perencanaan Pemerintah Desa Kampungbaru Sutija menyampaikan bahwa Kampung Pasirpadudukan dipilih untuk mengikuti perlombaan berhadiah total senilai Rp900 juta karena gotong royong masih menjadi tradisi warganya. “Kami berharap, Pasirpadudukan bisa menjadi kampung percontohan di Desa Kampungbaru dalam hal kebersihan, keamanan, dan kesehatan,” cetusnya. (rio/ang/don/ags)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook