Warga Peponcol: Cuma Perlu Jaga Kebersihan

nurul roudhoh   |   Serang Raya  |   Sabtu, 19 Oktober 2019 - 10:23:15 WIB   |  dibaca: 68 kali
Warga Peponcol: Cuma Perlu Jaga Kebersihan

PAMARAYAN – Warga RT 03 RW 01, Kampung Peponcol, Desa Damping, Kecamatan Pamarayan, mengaku tak akan banyak melakukan penataan lingkungan kampungnya. Warga mengaku, hanya akan fokus menjaga kebersihan kampung. Keamanannya pun diklaim cukup terjamin.

Menurut Ketua RT 03 RW 01, Kampung Peponcol, Lukman Firmansyah, alasan warganya itu karena kampung mereka dikenal memiliki lingkungan yang bersih. Kendati jalan masuk perkampungan ini belum diperbaiki, tapi lingkungannya asri. Penghijauan di Peponcol yang dikelilingi persawahan, telah lama dilakukan warganya. Tanaman dijadikan pagar oleh warga kampung ini.

“Program utama Kampung Peponcol di Lomba Kampung Bersih dan Aman ini ialah menjaga kebersihan lingkungan, serta menggalakkan kegiatan kerja bakti dan gotong royong warga setiap seminggu sekali,” jelas Lukman kepada Banten Raya TV (grup Radar Banten), Jumat (18/10).

Sistem keamanan lingkungan (siskamling) di Peponcol, Lukman diakui, memang belum terjadwal dengan baik. Namun, kampung ini tetap kondusif. Keamanannya cukup terjamin karena pemuda Peponcol yang sering bergadang di poskamling sambil melakukan ronda malam. Kampung ini punya lima poskamling.

Terpisah, Penjabat Sementara (Pjs) Kepala Desa Damping Ahmad Hady Alfarisy mengutarakan alasannya memilih Kampung Peponcol mengikuti Lomba Kampung Bersih dan Aman Kabupaten Serang 2019. Di antaranya, karena lokasi kampung ini cukup strategis dan asri karena dikelilingi persawahan. “Keamanan kampung ini juga terjaga dengan baik. Banyak warga Peponcol yang biasa menyimpan motornya di luar rumah walaupun malam hari, tapi tetap aman,” jelasnya.

Ahmad menambahkan bahwa Pemerintah Desa Damping punya rencana kegiatan kebersihan lingkungan. Siskamling di Peponcol juga akan dibenahi. Penyusunan jadwal ronda malam akan diserahkan kepada pengurus RT yang dibantu warga.

“Lomba Kampung Bersih dan Aman Kabupaten Serang diharapkan bisa meningkatkan antusiasme warga dalam membangun kampungnya. Apabila (Peponcol-red) meraih hasil maksimal, kita akan dijadikan role model (panutan-red) untuk Desa Damping dalam hal kampung bersih dan aman,” harapnya. (rio/ang/don/ags)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook