Launching LKBA Kabupaten Serang 2019: Membangun Kesadaran Hidup Bersih dan Aman

nurul roudhoh   |   Serang Raya  |   Senin, 21 Oktober 2019 - 10:10:04 WIB   |  dibaca: 74 kali
Launching LKBA Kabupaten Serang 2019: Membangun Kesadaran Hidup Bersih dan Aman

Kapolda Banten Irjen Pol Tomsi Tohir (tiga dari kanan) bersama Danrem 064/MY Kolonel Windiyatno (dua dari kiri),Wakil Bupati Serang Pandji Tirtayasa (dua dari kanan), Direktur Radar Banten dan Banten Raya TV Mashudi (kiri) serta Sekda Kabupaten Serang Tubagus Entus Mahmud Sahiri (kanan) melepaskan balon saat launching Lomba Kampung Bersih dan Aman Kabupaten Serang 2019, di Alun-alun Kramatwatu, Kabupaten Serang, Sabtu (19/10).

KRAMATWATU – Acara Launching dan Roadshow Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA) Kabupaten Serang 2019 sukses digelar di Alun-alun Kecamatan Kramatwatu. Acara berlangsung semarak dan meriah dengan beragam kegiatan dan perlombaan. Lomba yang digagas Radar Banten, Pemkab Serang, Polda Banten, dan Korem 064 Maulana Yusuf Serang ini dinilai mampu membangun kesadaran warga untuk hidup bersih dan aman.

Turut hadir Wakil Bupati Serang Pandji Tirtayasa, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Serang Tb Entus Mahmud, Komandan Korem (Danrem) 064 Maulana Yusuf Serang Kolonel Inf Windiyatno, Kapolda Banten Irjen Pol Tomsi Tohir, Dandim 0602/Serang Kolonel Inf Mudjiharto, Dandim 0623/Cilegon Letkol Arm Rico Ricardo Sirait, Kapolres Serang Kota AKBP Edhi Cahyono, Kapolres Serang AKBP Indra Gunawan, Direktur Radar Banten dan Banten Raya TV Mashudi, unsur pimpinan Kecamatan Kramatwatu dan Waringinkurung, serta peserta lomba. Acara dibuka secara simbolis dengan menerbangkan balon secara bersamaan di Alun-alun Kramatwatu, Sabtu (19/10).

Launching LKBA Kabupaten Serang 2019 dimulai dengan jalan santai yang diikuti ratusan peserta dari Kecamatan Kramatwatu dan Kecamatan Waringinkurung. Selanjutnya senam massal, sambutan, dan serangkaian lomba seperti lomba memasak makanan olahan sehat, senam aerobik dan fashion show dengan kostum daur ulang sampah, lomba mewarnai, serta lomba polisi cilik. Acara juga dimeriahkan dengan hiburan musik dangdut dan pembagian doorprize. Selain itu, warga juga diberi pelatihan safety riding oleh anggota kepolisian.

Wakil Bupati Serang Pandji Tirtayasa mengatakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang mengapresiasi lomba kebersihan dan keamanan ini. Katanya, lomba ini menjadi motivasi warga di Kabupaten Serang untuk menerapkan pola hidup bersih dan aman. “Masyarakat sangat antusias, lomba ini mampu membangun kesadaran hidup bersih dan aman,” kata Pandji saat memberi sambutan pembukaan Launching dan Roadshow LKBA 2019.

Selain itu, kata Pandji, LKBA Kabupaten Serang 2019 juga mampu memacu krativitas warga antardesa dalam membangun serta menjaga kebersihan dan keamanan lingkungan. Karena, kebersihan dan keamanan tanggung jawab bersama. “Kita hidupkan lagi budaya gotong royong yang sudah hampir hilang,” ujarnya.“Tidak ada yang bisa menjamin kebersihan dan keamanan selain kita, warga Kabupaten Serang,” tambah Panji yang mewakili Bupati Ratu Tatu Chasanah.

Panji mengatakan, Pemkab Serang berencana LKBA akan diselenggarakan setiap tahun. Katanya, dengan kategori kampung berbunga, kampung warga paling kompak, dan kampung paling hijau, bisa menjadi contoh yang baik dan membentuk kesadaran untuk menjaga kebersihan dan keamanan lingkungan. “Membangun kesadaran harus dilakukan dengan kebiasaan yang baik,” ungkapnya.

Pandji juga mengapresiasi kinerja unsur pemerintah desa, Bintara Pembina Desa (Babinsa), dan Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) di desa untuk mengajak warga gotong royong membersihkan lingkungan.

Kapolda Banten Irjen Pol Tomsi Tohir menilai, LKBA mampu membangun kesadaran warga Kabupaten Serang untuk hidup bersih dan aman, Katanya, kriteria aman meliputi tidak terjadi pencurian, memiliki sistem keamanan lingkungan (siskamling), dan tidak ada narkoba. “Kami kerahkan Bhabinkamtibmas di desa-desa untuk aktif mengajak warga gotong royong menyukseskan lomba ini,” katanya.

Senada disampaikan Danrem 064 Maulana Yusuf Serang Kolonel Inf Windiyatno, pihaknya juga mengerahkan Babinsa untuk ikut serta dalam kegiatan gotong royong warga. Menurutnya, LKBA menjadi sarana mengedukasi masyarakat untuk hidup bersih dan aman. “Semoga LKBA menjadi kegiatan rutin,” harapnya.

Sementara itu, Direktur Radar Banten dan Banten Raya TV Mashudi menambahkan, dengan LKBA 2019, warga Kabupaten Serang bisa memiliki lingkungan kampung yang bersih dan aman. Sehingga, tidak ada lagi yang buang sampah sembarangan. “Kita benahi bersama kesadaran untuk menjaga lingkungan,” ujarnya.

Selain itu, warga juga harus memiliki kesadaran menjaga keamanan lingkungan dengan mengaktifkan siskamling. Dengan begitu, warga bisa menjalani keseharian dengan aman, nyaman, dan tenteram. “Kita harus saling menjaga dan melestarikan budaya hidup bersih dan aman,” pungkasnya. (mg06/don/ira)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook