Pemkab Bertekad Pertahankan Adipura 2019

nurul roudhoh   |   Lebak  |   Senin, 21 Oktober 2019 - 11:01:34 WIB   |  dibaca: 41 kali
Pemkab Bertekad Pertahankan Adipura 2019

JUMAT BERSIH: Para aparatur sipil negara (ASN) dari salah satu OPD Pemkab Lebak menggelar Jumat bersih di Jalan Multatuli Rangkasbitung, pekan lalu. Kegiatan ini sebagai bentuk tanggung jawab mereka untuk mempertahankan piala adipura 2019.

LEBAK, BANTEN RAYA- Pemkab Lebak pada tahun 2018 sukses meraih piala adipura katagori kota kecil. Pemkab bertekad mempertahankan gelar tersebut pada ajang piala adipura tahun 2019 ini.

Sekretaris Daerah (Sekda) Lebak Dede Jaelani menjelaskan, agar upaya tersebut dapat tercapai, pemkab kembali menyerukan kepada seluruh kepala dan staf organisasi perangkat daerah (OPD) untuk meningkatkan kebersihan lingkungan kantornya. Pemkab pun telah memerintahkan para camat, kepala kelurahan dan kepala desa, khusunya di Rangkasbitung, Kalanganyar, Cibadak, serta Warunggunung untuk mengajak masyarakaat meningkatkan kebersihan lingkungan tinggalnya.

"Kita telah melakukan koordinasi dengan berbagai pihak agar dapat menjaga lingkungan yang bersih dan sehat. Karena untuk mempertahankan gelar juara adipura ini tentu bukan hanya tanggung jawab pemkab, tapi semua masyarakat. Sehingga sebelum penilaian dilakukan, kami sudah menghubungi masyarakat melalui para camat dan kepala kelurahan atau kepala desa,” ujar Dede, kemarin.

Menurutnya, untuk mempertahankan piala adipura, seluruh kecamatan di Lebak harus menjadi daerah yang bersih dan sehat. Meski hanya beberapa titik yang akan dipantau serta akan dinilai, namun kebiasaan hidup bersih dan sehat harus tetap dilkakukan masyarakat.

“Meski tidak ada piala adipura, maka hidup bersih dan sehat itu harus tetap menjadi kebiasaan masyarakat Lebak. Namun karena kebetulan sejak dulu hingga saat ini ada penilaian adipura, tentu kami akan semakin kuat mengajak masyarakat untuk hidup bersih dan sehat,” katanya.

Terpisah, Kepala Bidang Penataan dan Peningkatan Kapasitas pada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Dasep Novian mengatakan, Lebak akan masuk nominasi kembali dalam piala adipura katagori kota kecil tahun 2019. Oleh karena itu, sebagai penyandang juara tahun 2018, maka seluruh masyarakat harus kembali meningkatkan kesadarannya untuk menciptakan lingkungan yang berish dan sehat.

“Kami yakin apabila kesadaran masyarakat semakin tinggi untuk menciptakan lingkungan bersih dan sehat, maka bukan mustahil Lebak akan kembali mendapatkan piala adipura 2019,” kata Dasep.

Sementara itu, Kepala UPT TPST Dengung Fariansyah menambahkan bahwa di TPST Dengung juga tengah persiapan penilaian Adipura. "Ada 25 item dalam penilaian Adipura di  Dengung. Dari mulai pintu masuk sudah dinilai," katanya. (hudaya/purnama/rahmat)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook