WH Ambisi Jadikan RSUD Banten Terbaik se-Indonesia

nurul roudhoh   |   Metro Serang  |   Senin, 21 Oktober 2019 - 12:55:35 WIB   |  dibaca: 27 kali
WH Ambisi Jadikan RSUD Banten Terbaik se-Indonesia

SEGERA DIBANGUN: Sejumlah warga hilir mudik di area depan gedung utama RSUD Banten, Kota Serang, kemarin. Pemprov Banten rencanannya akan meningkatkan fisik gedung RSUD menjadi delapan lantai yang dimulai pada 2020.

SERANG, BANTEN RAYA- Gubernur Banten Wahidin Halim (WH) berambisi menjadikan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Banten sebagai RS terbaik se-Indonesia. Untuk mewujudkannya, Pemprov Banten bakal membekali RSUD Banten dengan gedung delapan lantai yang pembangunanya dimulai pada 2020.

“Saya ingin RSUD Banten menjadi rumah sakit terbaik di Indonesia. Oleh karena itu kita bangun delapan lantai. Kita lengkapi dengan berbagai fasilitas menjadi rumah sakit rujukan, rumah sakit yang dipercaya oleh masyarakat,” ujarnya, kemarin.

WH menuturkan, ambisi menjadikan RSUD Banten sebagai RS terbaik di Indonesia sesuai lantaran kesehatan memang menjadi salah satu program prioritasnya. Untuk merealisasikan targetnya itu, pihaknya akan melakukan pembenahan terhadap seluruh lini.“Ambisi yang terbaik ya pelayanan kita perbaiki, infrastrutur kita perbaiki, tenaga medis kita perbaiki, lainnya akan menjadi baik. Itu kan semangatnya, kalau kita sudah punya semangat yang terbaik, tidak ada tapi, kita buang semua tapi-tapi itu,” katanya.

Dikatakannya, dari segi infrastruktur mulai 2020 mendatang pemprov akan memulai pengerjaan pembangunan gedung RSUD Banten setinggi delapan lantai. Selain itu, RSUD Banten juga akan dijadikan sebagai RS pendidikan kedokteran dengan bekerja sama dengan Untirta dan dokter-dokter dari Universitas Indonesia.“Berkaitan dengan pengadaan lahan RSUD Banten dialokasi anggaran sebesar Rp 30,99 miliar akan digunakan untuk pembelian lahan seluas 15.000 meter persegi. Itu untuk pengembangan unit diklat (pendidikan dan pelatihan) menuju RS pendidikan,” ungkapnya.

Mantan Wakil Ketua Komisi II DPR RI optimistis, ambisi tersebut bisa terlaksana karena dari sisi anggaran pun diklaimnya pemprov tak menemui kendala. “Kurang dana? Ada dananya. Apa yang membuat pelayanan tidak baik kita perbaiki, itu lah ambisinya terbaik se-Indonesia,” tuturnya.

Lebih lanjut dipaparkan WH, selain pembenahan RSUD Banten, pihaknya juga akan memerluas pelayanan kesehatan dengan membangun Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Banten. “Disamping itu untuk meringankan beban orang miskin. Kita juga sedang membangun RSJ, rumah sakit rehabilitasi narkoba itu juga kita faislitasi,” ujarnya.

Seperti diketahui, peningkatan infrastruktur RSUD Banten itu diproyeksikan akan ada sejumlah penambahan fasilitas yang saat ini belum ada. Salah satunya adalah chemotherapy dan rehabilitasi medik serta penanganan kasus kelainan darah yang selama ini masih dirujuk ke rumah sakit lain.

Penambahan dimensi gedung juga ditaksir akan menambah 200 hingga 300 tempat tidur pasien. Adapun biaya yang dibutuhkan untuk pembangunan itu ditaksir bakal menghabiskan Rp 150 miliar.

Kepala Biro Administrasi Pembangunan Setda Provinsi Banten Mahdani mengatakan, program pembangunan gedung RSUD Banten setinggi delapan bakal dimulai di 2020. Untuk tahap awal akan dilakukan berupa pengembangan area melalui skema pembebasan lahan. “Iya tahun depan. Pembebasan lahan terlebih dahulu,” tuturnya. (dewa/rahmat)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook