Selama Sebulan Dinsos Razia Anjal dan Gepeng

nurul roudhoh   |   Metro Serang  |   Senin, 21 Oktober 2019 - 13:07:59 WIB   |  dibaca: 49 kali
Selama Sebulan Dinsos Razia Anjal dan Gepeng

DIRAZIA: Anak jalanan meminta-minta kepada pengendara mobil saat berhenti di perempatan Boru, Kota Serang, kemarin.

SERANG, BANTEN RAYA- Dinas Sosial (Dinsos) Kota Serang selama bulan bakti sosial akan menjangkau penyandang masalah kesejahteraan sosial di Kota Serang. Bulan bakti sosial akan berlangsung selama satu bulan, mulai 21 Oktober sampai dengan 21 November 2019.

Kepala Dinas Sosial Kota Serang Poppy Nopriadi mengungkapkan, selama satu bulan penuh petugas dari Dinsos Kota Serang dibantu petugas Satpol PP Kota Serang dan Dinas Perhubungan akan menjangkau penyandang masalah kesejahteraan sosial seperti anak jalanan (anjal), gelandangan pengemis (gepeng), dan pengamen yang berkeliaran di jalan raya.

Selama satu bulan penuh petugas akan berjaga di jalanan dari pagi sampai malam dan bila menemukan penyandang masalah kesejahteraan sosial akan langsung diamankan untuk kemudian dibina. "Sasarannya penyandang kesejahteraan sosial di perempatan dan lokasi lain yang kerap meresahkan," kata Poppy, Minggu (20/10).

Penjangkauan dilakukan agar tidak ada lagi aktivitas penyandang masalah kesejahteraan sosial di jalan raya di Kota Serang, khususnya di tengah kota. Sebagaimana lazimnya sebuah kota yang maju jalanan hanya untuk para pengguna jalan seperti pengendara kendaraan bermotor ataupun pejalan kaki.

Jalanan bukan tempat untuk pengamen apalagi mengemis dan tempat anak jalanan bermain. Para penyandang masalah kesejahteraan sosial yang dijangkau akan dibina oleh dinas sosial dengan melatih mereka dengan sejumlah keterampilan seperti service motor, service handphone, service komputer, dan sejumlah keterampilan lain yang disesuaikan dengan minat dan bakat penyandang masalah kesejahteraan sosial.

Akan ada dua lokasi tempat pembinaan para penyandang masalah kesejahteraan sosial yaitu di Pasir Ona Rangkasbitung, Lebak yang merupakan milik Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Banten, atau di Bekasi milik Kementerian Sosial RI."Dengan adanya penjangkauan dan pembinaan ini Dinas Sosial Kota Serang berharap para penyandang masalah kesejahteraan sosial di Kota Serang tidak lagi berada di jalanan melainkan memiliki pekerjaan yang bisa menopang kehidupan mereka," katanya.

Sekretaris Dinsos Kota Serang Alpedi mengungkapkan, pencanangan bulan bakti sosial akan dilakukan hari ini saat apel pagi di pusat Pemkot Serang, di Kota Serang Baru, Kecamatan Cipocok Jaya, Kota Serang.

Pencanangan bulan bakti sosial akan dilakukan oleh Walikota Serang Syafrudin. Dengan pencanangan itu maka bulan bakti sosial dapat segera dimulai dengan melakukan penjangkauan terhadap warga penyandang masalah kesejahteraan sosial. (tohir/rahmat)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook