Jangan Buang Sampah Sembarangan

nurul roudhoh   |   Metro Serang  |   Senin, 21 Oktober 2019 - 13:10:05 WIB   |  dibaca: 46 kali
Jangan Buang Sampah Sembarangan

BANYAK SAMPAH: Sampah menutupi permukaan air Bendungan Karet Cibanten di Kecamatan Kasemen, Kota Serang, kemarin. Selain tertutup sampah, airnya juga berwarna hitam pekat.

SERANG, BANTEN RAYA- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Serang mengimbau kepada masyarakat Kota Serang untuk terus menjaga kebersihan dan tidak membuang sampah di sembarang tempat. Membuang sampah sembarangan akan mengakibatkan banjir, terlebih saat musim hujan.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Serang Diat Hermawan mengajak kepada seluruh masyarakat Kota Serang untuk senantiasa menjaga kebersihan lingkungannya dengan tidak membuang sampah di sembarang tempat."Sebentar lagi kemungkinan akan memasuki musim penghujan, makanya kami imbau tidak buang sampah sembarangan," ujar Diat, kepada wartawan, Sabtu (19/10).

Ia menjelaskan, membuang sampah di sembarang tempat, khususnya di sungai atau drainase akan mengakibtkan sampah menumpuk dan banjir. Maka dari itu bila masyarakat terus membuang sampah tidak pada tempatnya, sangat tidak mungkin masalah banjir akan terselesaikan. "Selain itu ada juga sumbatan saluran air atau sungai karena muka air laut pasang, sehingga air tidak bisa mengalir ke laut," jelas dia.

Selain itu, sambung Diat, banjir terjadi karena curah hujan yang tinggi. Banyak pemukiman yang dibangun pada dataran disepanjang sungai, hingga kurangnya tutupan lahan di daerah hulu sungai."Tapi memang umumnya terjadi sumbatan di saluran air, karena tumpukan sampah dan sedimentasi," ucapnya.

Ia menyebutkan, titik rawan banjir di Kota Serang berada di Kecamatan Kasemen, Cipocok Jaya, dan sebagian Kecamatan Serang. Maka dari itu masyarakat perlu waspada musim hujan nantinya."Seperti yang kita ketahui potensi bencana yang ada di Kota Serang salah satunya banjir, terlebih daerah rawan, tentunya harus siap memiliki kesiapsiagaan," sebut dia.

Namun, bila bencana banjir sudah terjadi, maka ada beberapa langkah yang harus dilakukan oleh masyarakat, di antara matikan listrik, mengungsi ke daerah aman sedini mungkin saat genangan air masih sanggup disebrangi."Kemudian hindari berjalan di dekat saluran air untuk menghindari terseret arus banjir. Terakhir jika air terus meninggi maka segera hubungi isntansi terkait penanggulangan bencana seperti kantor lurah, maupun camat," pesan Diat.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Serang Ipiyanto pihaknya tidak bosan mengimbau dan mengajak masyarakat untuk menciptakan Kota Serang yang tertib, aman dan indah. Beberapa upaya yang dilakukan yaitu berkoordinasi dengan organisasi perangkat daerah (OPD) untuk turut serta membersihkan area rawan banjir.

"Memang banjir bencana yang hampir terjadi tiap tahunnya, makanya kami imbau dan mengajak masyarakat untuk tidak buang sampah sembaranga. Kalau masih bandel itu tandanya bukan orang yang disiplin. Padahal kan itu buat kepentingan bersama,” ujar Ipiyanto. (harir/rahmat)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook