Operasi Zebra, Pelanggar Langsung Ditindak

nurul roudhoh   |   Metro Serang  |   Senin, 21 Oktober 2019 - 13:11:45 WIB   |  dibaca: 100 kali
Operasi Zebra, Pelanggar Langsung Ditindak

RAZIA: Satlantas Polres Serang saat melakukan razia kendaraan di halaman Mapolsek Cikande, kemarin.

SERANG, BANTEN RAYA- Mulai tanggal 23 Oktober hingga 5 November 2019, Satlantas Polres Serang akan menggelar Operasi Zebra 2019. Kegiatan itu juga akan berlangsung secara serentak di wilayah hukum Polda Banten, untuk memberikan kondisi lalu lintas yang aman, dan nyaman hingga akhir tahun mendatang.

Kasatlantas Polres Serang AKP Dodin Awaludin mengatakan, mulai Rabu depan pihaknya akan menggelar Operasi Zebra Kalimaya selama 14 hari, untuk menjaga kondisi Kamseltibcar Lantas serta menciptakan kepatuhan warga dalam berlalu lintas dan rasa aman di jalan raya."Operasi Zebra ditujukan agar warga semakin tertib berlalu lintas serta menekan angka kecelakaan di jalan. Kami berharap pada masyarakat Kabupaten Serang untuk mendukung giat operasi ini," katanya kepada Banten Raya, Minggu (20/10).

Dodin menjelaskan dalam kegiatan itu tentunya akan ada penindakan kepada pengguna kendaraan yang tidak memenuhi semua aturan, dan pastinya mengacu pada undang-undang nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan (LLAJ). "Berbeda dengan operasi lainnya, Operasi Zebra itu lebih mengedepankan penindakan hukum,"katanya.

Dodin menambahkan, pada Operasi Zebra Kalimaya tersebut ada beberapa sasaran yang akan menjadi target dalam razia. Seperti kelengkapan administrasi pengemudi dan kendaraan bermotor yaitu surat izin mengemudi (SIM), surat tanda nomor kendaraan (STNK), penggunaan helm SNI, pengendara yang melawan arus, penggunaan safety belt."Sasaran lainnya yiatu pengemudi dalam pengaruh alkohol dan obat-obatan terlarang, penggunaan handphone saat mengemudi, melampaui batas kecepatan dan pengemudi ranmor di bawah umur," tambahnya.

Dodin menjelaskan pihaknya akan menindak tegas, apabila masyarakat tidak menggunakan kendaraan yang tidak layak operasi untuk dipergunakan di jalan raya, serta menggunakan kendaraan angkutan barang digunakan untuk mengangkut orang. Selain bukan peruntukan, juga sangat membahayakan."Kami juga berharap, pengendara dapat menunjukan sikap disiplin lalu lintas dan melengkapi kelengkapan kendaraannya. Tentu kita menghimbau kepada masyarakat agar lebih taat dalam berkendara agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan ketika berada di jalan," jelasnya.

Sementara itu, Kapolres Serang AKBP Indra Gunawan mengimbau kepada seluruh pengguna kendaraan untuk memeriksa dan menyiapkan surat-surat dan dokumen kendaraan saat di jalan nanti."Sebelum berkendara, cek ulang surat-surat kendaraan dan kelengkapan lain yang berkaitan dengan pengemudi maupun pengendara motor," imbaunya. (darjat/rahmat)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook