OPD Diminta Perkecil Silpa

nurul roudhoh   |   Pandeglang  |   Selasa, 22 Oktober 2019 - 12:46:18 WIB   |  dibaca: 49 kali
OPD Diminta Perkecil Silpa

BERI KETERANGAN : Bupati Irna Narulita memberi keterangan kepada wartawan terkait OPD agar memaksimalkan penyerapan anggaran usai rapat koordinasi dengan OPD dan camat di Oproom Setda Pandeglang, Senin (21/10).

PANDEGLANG, BANTEN RAYA - Bupati Irna Narulita mengingatkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Pandeglang memperkecil sisa lebih pembiayaan anggaran (silpa) tahun 2019. Irna menginginkan, program pembangunan yang sudah dicanangkan harus bisa terlaksana secara optimal.

"Silpa tahun ini harus diperkecil. Saya minta program pembangunan yang direncanakan dapat terlaksana dengan baik," kata Irna, ditemui usai rapat koordinasi dengan OPD dan camat di Oproom Setda Pandeglang, Senin (21/10).

Irna meminta, dinas terkait yang mengelola anggaran APBD cukup besar untuk memaksimalkan penyerapan anggaran. "Saya sudah dorong Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan, Dinas Kesehatan, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, dan Dinas Pendidikan untuk memaksimalkan anggaran yang ada," ujarnya.

Meski begitu, Irna meyakini anggaran tahun 2019 terserap secara maksimal. Mengingat silpa tahun ini akibat beberapa pengusaha yang belum mengambil uang muka dalam melaksanakan pekerjaan pembangunan. "Kalau anggaran bisa terserap.

Para OPD sudah menyampaikan ada sedikit miskomunikasi sebagian pihak ketiga gak ambil uang muka, tapi harusnya mereka ambil uang muka, sehingga serapan anggaran baik. Sudah saya ingatkan didalam kontrak pihak ketiga wajib mengambil uang muka," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pengelolaan Keuangan Daerah (DPKD) Pandeglang, Iskandar mengatakan, pemerintah daerah sudah membentuk tim untuk memaksimalkan penyerapan anggaran di semua OPD. "Semua OPD kita lakukan pendampingan agar bagaimana serapan anggaran lebih baik. Apalagi kita juga sudah membentuk tim serapan anggaran," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan Pandeglang, Syarif Hidayat menyebutkan, optimistis anggaran yang dikelola dinasnya terserap secara optimal. "Insya Allah terserap. Sekarang lagi kita percepat," singkatnya. (yanadi/hendra)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook