Baznas Diminta Jangan Cuma Garap PNS

nurul roudhoh   |   Serang Raya  |   Selasa, 22 Oktober 2019 - 14:39:03 WIB   |  dibaca: 47 kali
Baznas Diminta Jangan Cuma Garap PNS

BERI PENGHARGAAN : Wakil Bupati Serang Pandji Tirtayasa menyerahkan piagam penghargaan kepada mitra kerja Baznas Kabupaten Serang, Senin (21/10).

SERANG, BANTEN RAYA – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Serang merayakan ulang tahun XIX di hotel Wisata Baru, Kota Serang, Senin (21/10). Dalam kegiatan itu, Baznas Kabupaten Serang diingatkan agar tidak hanya fokus menarik zakat, infak, dan sadaqah (ZIS) dari aparatur sipil negara (ASN) saja tapi harus menjangkau umat seluruh umat Islam yang ada di Kabupaten Serang.

Wakil Bupati Serang Pandji Tirtayasa mengatakan, Baznas Kabupaten Serang harus mulai melakukan penetrasi kepada seluruh umat Islam di Kabupaten Serang agar penerimaan ZIS lebih optimal. “Sementara ini kan yang digarap baru umat Islam di kalangan ASN. Pasar Baznas itu seluruh umat Islam. Ke depan saya harapkan Baznas itu bisa menyasar seluruh umat Islam lebih luas lagi terutama di perusahaan-perusahaan,” ujar Pandji.

Selain itu, Pandji juga berharap ke depan ada regulasi yang mengatur bayar zakat wajib dilakukan di Baznas karena saat ini Baznas hanya baru bisa mengelola zakat. “Untuk ke perusahaan-perusahaan sudah ada upaya khusus dari Baznas tapi belum berhasil. Harapan kami setiap perusahaan itu ada UPZ (unit pengumpul zakat) yang melakukan pemotongan dari pegawainya yang beragama Islam,” katanya.

Ketua Baznas Kabupaten Serang Wardi Muslich mengatakan, pada ulang tahun Baznas, yang masih menjadi pekerjaan rumah (PR) besar yaitu, belum meluasnya jangkauan mengumpulkan ZIS. “Yang masih menjadi PR segi pengumpulan belum menjangkau masyarakat luas, terutama di kecamatan-kecamatan. Nanti langkah kita akan membentuk UPZ tingkat desa karena tanpa UPZ sulit mengumpulkan zakat,” katanya.

Sedangkan pengumpulan ZIS dari perusahaan, Wardi mengungkapkan, sampai saat ini belum berjalan optimal terkecuali dengan perusahaan-perusahaan yang menjadi rekanan Pemkab Serang. “Untuk pendistribusian yang belum kita laksanakan dibidang ekonomi. Sekarang ini kita baru bisa pemberian pinjaman dari dana infak untuk pengusaha kecil tanpa bunga,” paparnya. (tanjung/fikri)

 

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook