Perbaikan 319 RTLH Capai 98 Persen

nurul roudhoh   |   Lebak  |   Selasa, 29 Oktober 2019 - 11:32:02 WIB   |  dibaca: 34 kali
Perbaikan 319 RTLH Capai 98 Persen

NYARIS RAMPUNG: Kondisi salah satu RTLH di Kelurahan Rangkasbitung yang telah direhab serta tinggal dicat, Senin (28/10).

LEBAK, BANTEN RAYA- Perbaikan 319 rumah tidak layak huni (RTLH) yang mendapatkan bantun program rumah swadaya dari APBD dan alokasi dana khusus tahun ini, tingkat penyelesaiannya sudah mencapai 98 persen. Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (DPKPP) Kabupaten Lebak menarget sekitar pekan depan ke depan RTLH tersebut sudah bisa dihuni dengan layak.

Kepala Bidang Perumahan dan Permukiman pada DPKPP Kabupaten Lebak Ahmad Hidayat membenarkan bila proses rehab atau bedah rumah terhadap 319 RTLH yang mendapatkan bantuan rumah swadaya tahun ini sudah mencapai 98 persen, atau sedang memasuki proses finishing.

“Dari 313 RTLH tersebut, 150 rumah yang mendapatkan bantuan rumah swadaya dari APBD, berlokasi di perdesaan di sejumlah kecamatan. Selebihnya, sebanyak 169 RTLH merupakan rumah yang mendapatkan bantuan rumah swasaya dari dana alokasi khusus, lokasinya berada di perkotaan di Rangkasbitung,” ujar Ahmad Hidayat, kemarin.

Mengingat proses bedah rumahnya sudah mencapai 98 persen, maka pekerjaan yang memasuki finishing tersebut tinggal mengerjakan pengecatan. Bahkan, setelah pengecatan mampu diselasaikan dalam waktu cepat, pekan depan masing-masing rumah milik masyarakat berpenghasilan rendah tersebut sudah bisa dihuni kembali. “Mudah-mudahan pada proses finishing tersebut tidak ada kendala apapun, sehingga pekan depan masing-masing pemilik rumah sudah bisa menempati rumahnya dengan nyaman,” katanya.

Ditemui terpisah, Kepala DPKPP Lebak Wawan Hermawan mengatakan, setelah menyelesaian pekerjaan program bantuan rumah swadaya terhadap 319 rumah milik masyarakat perkotaan dan perdesaan, maka pihaknya sudah mengusulkan program yang sama ke APBD maupun DAK untuk tahun 2020. Mengingat masih banyak RTLH yang harus mendapatkan perhatian, maka pihaknya berharap usulannya tersebut akan semakin banyak RTLH yang mendapatkan bantuan.

“Yang kami usulkan di program bantuan rumah swadaya pada tahun 2020 mencapai ribuan rumah. Namun kami tidak mengetahui pasti dari jumlah itu berapa rumah yang akan direlisasikan bantuannya,” terang Wawan. (hudaya/rahmat)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook