3 Calon Konsultasi Syarat Perseorangan Pilkada

nurul roudhoh   |   Pandeglang  |   Rabu, 30 Oktober 2019 - 13:40:45 WIB   |  dibaca: 56 kali
3 Calon Konsultasi Syarat Perseorangan Pilkada

KONSULTASI : Tim pemenangan jalur perseorangan berkonsultasi mengenai syarat bakal calon Bupati Pandeglang di kantor KPU Pandeglang, Selasa (29/10).

PANDEGLANG, BANTEN RAYA - Sejumlah tim pemenangan bakal calon Bupati Pandeglang mendatangi kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pandeglang, Selasa (29/10). Kedatangan mereka tersebut untuk berkonsultasi mengenai syarat jalur perseorangan atau independen pada Pilkada Pandeglang tahun 2020 mendatang.

Komisioner KPU Pandeglang, Ahmadi membenarkan, sudah ada tiga tim bakal calon bupati yang berkonsultasi mengenai aturan jalur perseorangan. "Hingga saat ini baru ada tiga tokoh yang mendatangi kantor KPU untuk konsultasi terkait pencalonan dari independen pada Pilkada 2020. Mereka adalah vokalis Jamrud Krisyanto, Ketua DPC Partai Perindo Pandeglang, Aap Aptadi, dan Ketua DPC Partai Garuda Pandeglang Abdurohim," kata Ahmadi, ditemui di ruang kerjanya, kemarin.

Menurutnya, kedatangan mereka tersebut karena saat ini KPU sudah membuka ruangan bagi para calon yang ingin mengetahui syarat pencalonan melalui jalur independen. "KPU telah membuka warung layanan bagi tokoh masyarakat yang ingin berkonsultasi terkait pencalonan independen, karena pencalonan perseorangan diatur dalam Undang-Undang nomor 10 tahun 2016 tentang Pilkada," terangnya.

Selain itu, kata dia, untuk jalur perseorangan telah diatur dalam Peraturan KPU RI Nomor 15 Tahun 2019 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tahun 2020. "Untuk pencalonan kita mengacu pada PKPU RI Nomor 15 Tahun 2017 perubahan atas PKPU RI Nomor 3 Tahun 2017. Sambil menunggu aturan baru terkait pencalonan yang saat ini sedang digodok oleh KPU RI," terangnya.

Samsuri, Komisioner KPU Pandeglang lainnya mengatakan, dalam konsultasi itu para kandidat diberikan arahan mengenai tahapan Pilkada jalur perseorangan sesuai Surat Edaran (SE) KPU RI Nomor 2096. "Dari 27 Oktober 2019 hingga 10 Desember 2019 memang waktu untuk konsultasi, sementara dari 11 Desember 2019 sampai 5 Maret 2020 adalah penyerahan persyaratan dukungan. Kami tidak akan memberikan tanda terima sebelum syarat minimal dukungan terpenuhi," ujarnya.

Sementara itu, bakal calon bupati Pandeglang dari jalur perseorangan Krisyanto, Aap Aptadi dan Abdurohim mengaku serius akan maju pada Pilkada Pandeglang 2020. "Kedatangan kita ke KPU untuk memastikan saja, kita Insya Allah siap maju baik lewat jalur parpol maupun perseorangan. Kita juga nanti akan melakukan komunikasi dengan parpol di wilayah Kabupaten Pandeglang," ujar ketiga bakal calon. (yanadi/hendra)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook