3 Bulan 21 Kasus Narkoba Terungkap

nurul roudhoh   |   Lebak  |   Kamis, 31 Oktober 2019 - 11:27:32 WIB   |  dibaca: 50 kali
3 Bulan 21 Kasus Narkoba Terungkap

GELAR PERKARA: Wakapolres Lebak Kompol Wendy Andrianto didampingi Kasatresnarkoba AKP Asep Jamal dan Kabagops Polres Lebak AKP Rahmat Sampurno menunjukkan tersangka dan barang bukti hasil pengungkapan tindak pidana narkoba di Mapolres Lebak, Rabu (30/10).

LEBAK, BANTEN RAYA- Jajaran Satuan Reserse Narkoba Polres Lebak berhasil mengungkap 21 satu kasus penyalahgunaan narkoba di wilayah hukum Polres Lebak. Pernyataan itu disampaikan Wakapolres Lebak Kompol Wendy Andrianto saat gelar kasus tindak pidana penyalahgunaan narkoba di Mapolres Lebak.

"Sebanyak 21 kasus terungkap dalam kurun waktu tiga bulan (Agustus, September, Oktober). Mudah-mudahan tidak ada terungkap lagi," kata Wakapolres Lebak Kompol Wendy Andrianto yang didampingi Kasat Narkoba AKP Asep Jamal dan Kabag Ops Polres Lebak AKP Rahmat Sampurno di Mapolres Lebak, Rabu (30/10).

Dalam tiga bulan terungkap 21 kasus, sama artinya daerah Lebak sangat rawan akan peredaran narkotika. Kalau dirata-ratakan dalam satu bulan terungkap 10 kasus. "Komitmen kami berantas sampai tuntas sampai ke ujung Lebak akan kami kejar. Tangkap pelaku pengedar narkotika," katanya.

Wakapolres mengungkapkan, dari 21 kasus tersebut, satu kasus tergolong baru karena baru pertama terjadi. Khususnya di wilayah hukum Polres Lebak dan Banten. "Yaitu kasus yang diungkap di sebuah rumah di Komdik, Kelurahan Muara Ciujung Timur, Rangkasbitung dengan pelaku M diduga melakuan tindak pidana membawa enam bungkus serbuk warna putih diduga narkotika golongan 1, jenis korisoprodol. Jenis obat yang berefek menenangkan, kalau dulu dipakai obat stres atau depresi namun BPOM sudah melarang karena masuk narkotika golongan satu," katanya.

Selain berhasil mengungkap kasus narkotika jenis baru, jajarannya juga telah mengungkap kasus sabu-sabu dengan barang bukti seberat 98,5 gram. Pelakunya ditangkap di daerah Leuwiranji."Ini (kasus sabu) terbesar kami ungkap selama satu tahun. Dan di bulan Oktober ini kami juga telah menangkap tiga pelaku penjual tramadol yang dijual kepada pelajar dan mereka warga pendatang dengan modus buka toko kosmetik namun dalam prakteknya turut menjual barang haram," katanya.

Wakapolres mengungkapkan, para pelaku terancam hukuman penjara selama 10 tahun karena dengan sengaja mengedarkan sediaan farmasi yang tidak memiliki izin edar serta melakukan tindak pidana tanpa hak dan melawan hukum memiliki, menyimpan, dan menguasai, menyediakan, atau menjadi perantara dalam jual beli narkotika golongan 1 jenis sabu.

Pasal yang dikenakan yakni pasal 197 atau pasal 196 undang-undang RI nomor 36 tahun 2009 tentang kesehatan dengan ancaman 10 tahun, dan pasal 112 ayat 2 junto 114 ayat 2 undang-undang RI nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika.

"Kami mengimbau kepada masyarakat terutama orangtua, karena menjadi korban anak-anak muda dan pelajar maka berikan pengawasan penuh kepada putra daj putri anda dan kepada para guru awasi ketat kemana mereka bermain, bergaul, karena kalau generasi muda suram negara kita suram maka dari itu mari kita jaga bersama-sama," katanya.

Kasatres Narkoba Polres Lebak AKP Asep Jamal menambahkan, bahwasannya kasus narkotika jenis baru telah berhasil diungkap. "Narkotika jenis baru ini dibuat dari hasil tumbukan obat korisoprodol. Ini termasuk baru karena memang baru ada di Kabupaten Lebak dan kita harapkan tidak ada di daerah lain," katanya.

Pelaku pengedar narkotika jenis korisprodol dijerat pasal 112 ayat 1 atau pasal 114 ayat 1  undang-undang nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika, junto permenkes nomor 50 tahun 2018 tentang perubahan penggolongan narkotika, junto pasal 196 atau 197 undang-undang RI nomor 36 tahun 2009 tentang kesehatan, dengan ancaman hukuman 10 tahun penjara. "Para pelaku sudah kita amankan dan tidak menutup kemungkinan akan ada tersangka baru. Karena akan kita ungkap sampai tuntas dan pelakunya kita tangkap," katanya. (purnama/rahmat)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook