Situ Cijoro Mulai Menampung Air

nurul roudhoh   |   Lebak  |   Jumat, 01 November 2019 - 11:37:03 WIB   |  dibaca: 65 kali
Situ Cijoro Mulai Menampung Air

TAMPUNG AIR: Area Situ Cijoro Bendungan yang kini telah mampu menampung air, meski penanganannya masih berjalan, Kamis (31/10).

LEBAK, BANTEN RAYA- Situ Cijoro, Desa Rangkasbitung Timur, Kecamatan Rangkasbitung kini sudah dapat menampung air. Hal itu setelah pendangkalan di situ itu ditangani Balai Besas Wilayah Sungai Cidanau Ciujung Cidurian (BBWSC3) Banten.Pantauan Banten Raya, air yang tertampung kini sudah bisa mengaliri saluran irigasi yang tembus ke sawah di Rangkasbitung Timur serta di Kelurahan Rangkasbitung Barat.

Gojali, salah warga Rangkasbitung Timur yang ditemui di sekitar Situ Cijoro Bendungan mengatakan, meski pendangkalannya masih ditangani BBWSC3, namun situ tersebut sudah bisa menampung air.

Bahkan saat terjadi hujan beberapa hari lalu, Situ Cijoro seperti sudah normal, dimana bagian tengahnya yang sempat seperti tanah daratan, sudah kembali normal serta dipenuhi air. “Meski penanganannya masih ada, tapi air di situ terlihat sudah normal. Sekarang irigasi di sekitar situ sudah bisa teraliri air seperti beberapa tahun lalu,” ujar Gojali, kemarin.

Sahrowi, warga Kelurahan Rangkasbitung Barat mengaku sempat terkejut ketika irigasi di sana kembali dialiri air. Setelah mengetahui asal aliran air tersebut berasal dari Situ Cijoro Bendungan yang sedang ditangani pihak BBWSC3 Banten, maka dirinya serta seluruh petani Rangkasbitung Barat sangat bangga serta memiliki harapan bila sawah mereka akan kembali menjadai sawah yang produktif.

“Kami bersyukur karena Situ Cijoro Bendungan normal kembali, sehingga kebutuhan air bagi ratusan hektare sawah yang ada di kelurahan kami maupun di Desa Rangkasbitung Timur akan terpenuhi lagi,” kata Sahrowi.

Terpisah, Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA) pada dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Lebak Dade Yan Apriandi mengatakan, meski penanganannya belum selesai, memang kondisi Situ Cijoro Bendungan saat ini sudah mampu menampung air.

Hal itu dikarenakan semua area situ tersebut yang mengalami pendangkalan sudah dilakukan pengerukannya. “Beberpa hari lalu saya sempat mengecek langsung ke lokasi situ, meski penanganannya masih berjajalan, ternyata situnya sudah bisa menampung air yang melimpah,” kata Dade. (hudaya/rahmat)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook