Pelamar Anggota Satpol PP Diutamakan Warga Lebak

nurul roudhoh   |   Lebak  |   Sabtu, 02 November 2019 - 11:08:35 WIB   |  dibaca: 63 kali
Pelamar Anggota Satpol PP Diutamakan Warga Lebak

SELEKSI: Beberapa peserta seleksi calon anggota Satpol PP Lebak siap-siap menjalani verifikasi administrasi di halaman dinas Satpol PP, Jumat (1/11).

LEBAK, BANTEN RAYA- Nasib 40 orang peserta seleksi calon anggota Dinas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Lebak akan ditentukan melalui hasil verifikasi administrasi yang dilakukan di aula sekretariat daerah (setda) Lebak, Jumat (1/11). Panitia seleksi (pansel) menginginkan bahwa calon anggota Satpol PP benar-benar asli warga Lebak, serta statusnya belum menikah.

Kepala Dinas Satpol PP Kabupaten Lebak Dartim yang ditemui di ruang kerjanya mengatakan,, dalam verifikasi administrasi tersebut, seperti kartu tanda penduduk elektronik (KTPE) milik peserta seleksi akan disinkronkan ke data yang dimiliki Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

Begitu pula untuk mengetahui apakah peseta benar-benar belum pernah menikah, maka tim seleksi akan berkordinasi dengan Kantor Urusan Agama (KUA) di kecamatan tempat tinggal perserta seleksi.“Mengapa kami melakukan verifikasi administrasi, karena bisa saja salah satu persyaratan milik peserta seleksi dipalsukan.

Seperti misalnya KTPE, bisa saja datanya dipalsukan untuk memenuhi persyaratan ini. Begiitu juga surat keterangan lain harus kami uji, agar para calon anggota Satpol PP Lebak ini benar-benar memenuhi syarat,” ujar Dartim, kemarin.

Ditambahkan, setelah dilakukan verifikasi administrasi, serta tim seleksi sudah menentukan peserta yang lolos, lalu bergabung di Dinas Satpol PP, masih ada tahapan berikutnya yang akan dijalani, yaitu para anggotanya yang baru tersebut wajib mengikuti pendidikan dan latihan (diklat) khusus Satpol PP. “Diklat khusus bagi anggota baru yang lolos seleksi tersebut akan dilakukan akhir tahun ini juga,” katanya.

Terpisah, Sekretaris Daerah (Sekda) Lebak Dede Jaelani menegaskan bahwa seleksi penerimaan calon anggota Dinas Satpol PP Lebak benar-benar selektif, karena memang pemkab menginginkan penambahan anggota Satpol PP tersebut diisi pemuda yang memiliki mentalitas maupun dedikasi yang tinggi.

“Kenapa tahapannya sangat ketat sekali, karena memang calon anggota Satpol PP yang akan diterima harus Satpol PP yang tidak hanya memiliki fisik yang kuat, tetapi yang cerdas serta memiliki wawasan luas,” kata Dede. (hudaya/rahmat)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook