Pelajar Lebak Siap Hadapi MEA

nurul roudhoh   |   Lebak  |   Senin, 04 November 2019 - 11:01:31 WIB   |  dibaca: 34 kali
Pelajar Lebak Siap Hadapi MEA

LOMBA: Ratusan pelajar mengikuti lomba Panji sesion 2 se-Banten di Yayasan Al-Jamhariyah Malnu di Kecamatan Muncang, Sabtu (2/11).

LEBAK, BANTEN RAYA- Sebanyak 470 pelajar di Lebak mengikuti lomba Panji (Pramuka Ajang Jalin Silaturahmi) sesion 2 se-Banten, di Yayasan Al-Jamhariyah Malnu (Mathla'ul Anwar Linahdlotik Ulama), di Kecamatan Muncang, Sabtu (2/11).

Pelajar yang mengikuti lomba panji mulai dari tingkat SD dan SMP sederajat."Lomba panji sesion 2 bertemakan membangun karakter muda milenial. Kenapa sih, karena generasi muda saat ini kalau tak dibangun karakter maka akan ketinggalan daya saing," kata Pembina Pramuka Yayasan Malnu Muncang Ubay.

Ubay menjelaskan, pembangunan karakter sangat penting karena pasar bebas ASEAN sudah diberlakukan. Dimana Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) menjadi arena persaingan antar negara-negara Asia Tenggara dalam bidang ekonomi, tenaga kerja, olahraga dan hal lainnya.

"Satu sama lain negara-negara ASEAN bersaing sehingga. Pendidikan karakter (melatih kemampuan diri demi menuju ke arah hidup yang lebih baik) penting ditanamkan kepada siswa sebagai generasi penerus bangsa agar tidak menjadi penonton di negara sendiri," katanya.

Lebih lanjut, Ubay mengungkapkan, tujuan utama dari lomba panji selain membangun pendidikan karakter tetapi juga untuk memperkuat jalinan silaturahmi antar sekolah dan pondok pesantren."Adapun kenapa sih kami memilih kegiatan pramuka, ini salah satu kegiatan banyak diikuti siswa di sekolah. Ini tahun kedua kalinya dengan jumlah peserta sebanyak 470 orang," katanya.

Ketua Yayasan Yayasan Al-Jamhariyah Malnu Muncang Asep Sunandar menuturkan, pelaksanaan lomba panji sesion 2 berlangsung meriah. "Kegiatan ini untuk memacu anak muda kita memiliki rasa tanggung jawab sebagai pemuda generasi penerus bangsa dan negara Indonesia. Kenapa karena pemuda ini adalah harapan bangsa, harapan kemajuan bangsa dan harapan perubahan negara," katanya.

Asep melanjutkan, dalam mencapai harapan akan perubahan negara ke arah lebih baik maka perlu ditanamkan dan ditumbuhkan jiwa patriot dan nasionalisme. "Maka dari itu penting bagi kita untuk memberikan pemahaman terhadap pemuda ini untuk betul-betul ber-NKRI," katanya. (purnama/rahmat)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook