Jembatan Ciliman Ancam Warga Empat Desa

nurul roudhoh   |   Lebak  |   Senin, 04 November 2019 - 15:19:19 WIB   |  dibaca: 86 kali
Jembatan Ciliman Ancam Warga Empat Desa

BERBAHAYA : Seorang warga menggunakan jembatan gantung bambu yang melintasi Sungai Ciliman tepatnya di Desa Lewih Ipuh, Kecamatan Banjarsari, Minggu (3/11).

LEBAK, BANTEN RAYA - Jembatan gantung dari bambu sepanjang 50 meter yang membentang di atas Sungai Ciliman tepatnya di Desa Lewih Ipuh, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Lebak, mendesak diperbaiki.

Jembatan penghubung empat desa yaitu Desa Lewih Ipuh, Desa Cicaringin, Cisampang, dan Desa Gunung Keneng, Kecamatan Banjarsari tersebut saat ini kondisinya memprihatinkan dan membahayakan warga yang melintar."Sekitar tahun 1997 di jembatan Ciliman pernah menelan korban jiwa. Seorang warga terjatuh dan meninggal karena terpeleset saat melintasi cukang atau jembatan dari bambu itu," kata Kepala Desa Lewih Ipuh Ade Yusup kepada Banten Raya, Minggu (3/11).

Ade mengungkapkan, sejak kejadian ada warga yang terjatuh, jembatan belum pernah mendapat bantuan dari pemerintah atau pihak manapun. "Saya berharap darimana pun itu, walaupun bantuan dari swasta kami terima. Karena kan masyarakat di situ sangat membutuhkan untuk akses bekerja menuju ladang dan kebun, yang berada di desa tetangga," katanya.

Jembatan juga manjadi akses bagi anak-anak menuju sekolah. "Anak sekolah juga lewat situ. Harapan kami kepada pemda dan pusat ada pembangunan jalan dan jembatan," katanya.
Selain itu, jembatan Ciliman juga menjadi akses utama warga menuju tempat pemakaman umum yang berada di seberang sungai. "Sehingga ketika ada warga meninggal maka penguburannya lewat sana. Ditandu lewat jembatan itu," katanya.

Halimah, warga Desa Lewih Ipuh berharap, jembatan dapat segera diperbaiki. "Kami sudah lama mendambakan adanya jembatan permanen. Kalau masih bambu dulu sewaktu masih muda biasa saja tapi ketika sudah tua mah merasa khawatir jatuh," katanya. (purnama)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook