MD Lebuh Direhab, Murid Belajar Di Majelis Ta’lim

nurul roudhoh   |   Lebak  |   Selasa, 05 November 2019 - 12:05:23 WIB   |  dibaca: 38 kali
MD Lebuh Direhab, Murid Belajar Di Majelis Ta’lim

DIPERBAIKI: Bangunan madrasah diniyah di Kampung Lebak, Sangiangjaya, Cimarga dalam proses perbaikan yang didanai APBDes, Senin (4/11).

LEBAK, BANTEN RAYA- Madrasah Diniyah (MD) Kampung Lebuh, Desa Sangiangjaya, Kecamatan Cimarga yang kondisinya memprihatinkan, kini direhab total. Agar kegiatan belajar mengajar (KBM) murid di MD tersebut tidak terganggu, maka Pemerintah Desa Sangiangjaya memindahkan KBM ke ruang majelis ta’lim yang lokasinya masih di sekitar Kampung Lebuh.

Kepala Desa Sangiangjaya Usep Fahlaludin mengatakan, kondisi MD di desanya yang sudah berusia sekitar puluhan tahun tersebut sangat memprihatinkan. Karena khawatir membahayakan murid dan guru, maka pihaknya memutuskan untuk merehab total. Pihaknya telah menyediakan dana Rp 50 juta yang bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja desa (APBDes) 2019.

“Sebenarnya, dana sebesar Rp 50 juta tersebut masih dinilai kurang. Untuk itu, agar rehab total tersebut hasilnya berkualitas, maka kami sudah mengusulkan dana tambahan ke Pemkab Lebak,” ujar Usep, kemarin.

Menurutnya, agar biaya untuk rehab tersebut tidak semakin membengkak, maka dalam pelaksanaannya dilakukan dengan cara swadaya, dimana masyarakat dilibatkan secara langsung.
“Mudah-mudahan saja pelaksanaan rehab total terhadap bangunan MD yang memiliki dua ruang kelas serta satu ruang guru tersebut berjalan lancar tanpa kendala apapun,” harapnya.

Terpisah, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Pemkab Lebak Sunaedi mengatakan, pemerintah desa diakuinya memiliki kewenanganan untuk memperbaiki MD yang danannya dialokasikan dari APBDes. Untuk itu, terkait perbaikan atau rehab total yang dilakukan di MD Kampung Lebuh merupakan hal yang positif serta patut dicontoh oleh pemerintah desa lainnya di Lebak.

“Kami menilai apa yang dilakukan pemerintah Desa Sangiagjaya untuk memperbaiki MD merupakan hal yang sangat baik dan penuh tanggung jawab dalam mendukung peningkatan pendidikan agama Islam,” kata Sunaedi. (hudaya/rahmat)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook