Perjuangkan KH Mas Abdurrahman Pahlawan Nasional

nurul roudhoh   |   Pandeglang  |   Selasa, 05 November 2019 - 12:22:27 WIB   |  dibaca: 45 kali
Perjuangkan KH Mas Abdurrahman Pahlawan Nasional

SERAHKAN BERKAS : Waketum PB MA KH Zainal Abidin Sujai didampingi Humas PBMA Aat Surya Syafaat menyerahkan berkas rencana seminar pengusulan pendiri MA jadi pahlawan nasional ke perwakilan Pemkab Pandeglang di Pendopo Pandeglang, Senin (4/11).

PANDEGLANG, BANTEN RAYA - Pengurus Besar Mathla’ul Anwar (PB MA) melakukan pertemuan dengan Bupati Pandeglang membahas pengusulan pendiri MA KH Mas Abdurrahman sebagai pahlawan nasional, Senin (4/11) di Pendopo Pemkab setempat.

PB MA yang diwakili Wakil Ketum Zaenal Abidin Sujai, Humas Aat Surya Syafaat, Ketua 2 PBMA Jihadudin dan Dekan FISIP Unma Said Ariyan diterima Asda Pemkesra Indah Dinarsiani, Asda Administrasi Ramadani, dan pejabat Dinsos dan Kesbangpol Pandeglang.

Zaenal Abidin Sujai mengatakan, pengusulan pendiri MA jadi pahlawan nasional adalah salah satu  rekomendasi Rakernas Mathla’ul Anwar 2019. “Saya menilai KH Mas Abdurrahman layak mendapatkan penghargaan sebagai Pahlawan Nasional. Alasannya, selain sebagai guru bangsa, ulama Banten itu semasa hidupnya juga aktif dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia,” katanya Senin (4/11).

Ditambahkannya, KH Mas Abdurrahman yang pada perang kemerdekaan pernah ditembak oleh pasukan Belanda berperan besar dalam memajukan dunia pendidikan di Banten, dan dia pula yang memberikan landasan bagi pengembangan pendidikan Mathla’ul Anwar.

"KH Mas Abdurahman bersama rekannya KH E Mohammad Yasin dan KH Tb Mohammad Sholeh, dibantu oleh sejumlah ulama dan tokoh masyarakat di daerah Menes mendirikan Mathla’ul Anwar pada 10 Ramadhan 1334 Hijriah atau 10 Juli 1916," jelasnya.

Humas PBMA Aat Surya Syafaat mengatakan, pertemuan dengan Bupati Pandeglang adalah terkait rencana seminar usulan pahlawan nasional bagi Pendiri MA. "Seminar usulan calon pahlawan nasional di daerah pengusul yakni Pandeglang adalah salah satu prasyarat yang ditentukan UU No 20 Tahun 2009 tentang Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan (GTK ).

Hasil dari seminar itu nanti dilaporkan ke pemprov. Nah pemprov nanti yang akan secara resmi mengusulkan pendiri MA KH Mas Abdurrahman sebagai pahlawan nasional ke presiden melalui kementerian sosial. Bupati Pandeglang setuju seminar dilakukan di pendopo dalam waktu dekat ini," kata mantan Direktur Antara New York ini.

Sementara itu, melalui Asda Pemkesra Indah Dinarsiani, Bupati Pandeglang Irna Narulita mendukung penuh perjuangan PBMA mengusulkan KH Mas Abdurrahman sebagai pahlawan nasional. "Ibu bupati mendukung kalau pendiri MA dinobatkan sebagai pahlawan nasional. Bupati menyampaikan kalau kiprah beliau (KH Mas Abdurrahman) dalam membela negara, agama dan mengembangkan pendidikan di Banten sangat besar. Pemkab akan membantu memfasilitasi," kata Indah. (muhaemin/hendra)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook