Kelurahan Kalitimbang Ajak Warga Tertib Adminduk

nurul roudhoh   |   Metro Cilegon  |   Rabu, 06 November 2019 - 10:19:08 WIB   |  dibaca: 39 kali
Kelurahan Kalitimbang Ajak Warga Tertib Adminduk

SOSIALISASI : Lurah Kalitimbang, Bahroni memberikan arahan soal tertib adminduk kepada warga, kemarin.

CILEGON, BANTEN RAYA – Kelurahan Kalitimbang, Kecamatan Cibeber bekerjasama dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (DKCS) Kota Cilegon menggelar sosialisasi administrasi kependudukan (Adminduk). Hal itu dilakukan untuk mengajak Ketua Rukun Tangga (RT), Rukun Warga (RW) dan warga bisa tertib adminduk jika ada perubahan status.

Lurah Kalitimbang, Bahroni menyatakan, pihaknya berharap dengan sosialisasi warga bisa paham soal prosedur adminduk yang ada. Warga juga bisa langsung menanyakan berbagai hal permasalahan yang sering terjadi soal asminitrasi tersebut. Persoalan adminduk adalah persoalan yang kompleks dan biasa terjadi.

Hal ini karena kependuduan sangat dinamis, ada pindah datang, lahir dan meninggal.“Intinya ini kami ingin warga bisa paham soal permasalahan adminduk. Sebab, hal itu menjadi pokok dasar berbagai hak dan kewajiban sebagai warga negara,” katanya kepada Banten Raya, Selasa (5/11).

Bahroni menjelaskan, perubahan status kematian masih minim dilakukan oleh warga. Padahal hal tersebut akan berhubungan dengan data kependudukan, termasuk saat adanya pemilu agar data tidak menjadi ganda atau fiktif.“Sebenarnya panting untuk bicara status atau keterangan kematian. Sebab, data kependudukan dinamis. Kami harap warga juga bisa melakukan dan mengurusnya,” imbuhnya.

Sementara itu, Sekretaris Lurah (Seklur) Kalitimbang, Asep Mujayyin mengungkapkan, perlu ada juga pemahaman jika soal adminitrasi kependudukan dilakukan pelayanan secara gratis. Sebab, berbagai keperluan tersebut sudah terakomodir melalui anggaran pemerintah, baik pemerintah daerah maupun pemerintah pusat.“Tidak ada biaya, selama lengkap juga langsung diproses. Hal ini tentu harus dimanfaatkan oleh warga untuk bisa menertibkan adminitrasinya,” ungkapnya.

Usai sosialisasi, papar Asep, mengharapkan para Ketua RT dan Rw bisa menyampaikannya dalam setiap forum warga, sehingga warga bisa paham akan pentingnya tertib anminduk. “Kami harap fungsi RT dan RW bisa berjalan dengan baik. Berbagai informasi berkaitan dengan pelayanan kependudukan juga bisa disampaikan kepada warga,” imbuhnya. (uri)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook