Tanto Minta Penyerapan Dana Desa Dioptimalkan

nurul roudhoh   |   Pandeglang  |   Rabu, 06 November 2019 - 10:43:44 WIB   |  dibaca: 41 kali
Tanto Minta Penyerapan Dana Desa Dioptimalkan

SIDAK : Wakil Bupati Tanto Warsono Arban melakukan sidak di kantor DPMPD Pandeglang, Selasa (5/11).

PANDEGLANG, BANTEN RAYA - Wakil Bupati Tanto Warsono Arban meminta Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kabupaten Pandeglang untuk memaksimalkan penyerapan dana desa. Tanto menginginkan, dana desa tahun 2019 terserap secara optimal dalam rangka mempercepat proses pembangunan di masing-masing desa.
"Kita ingin dana desa tahap tiga terserap sesuai harapan.

Apalagi dana desa ini jumlahnya sangat besar, jadi harus menjadi perhatian khusus," kata Tanto kepada Banten Raya ditemui usai melakukan inspeksi mendadak (sidak) di kantor DPMPD Pandeglang, Selasa (5/11).

Dia mengingatkan, desa di Kabupaten Pandeglang untuk secepatnya menyerap dana desa. Tanto juga meminta pembangunan yang dilaksanakan sesuai jadwal dan aturan. "Kita monitoring, dan menunggu proposal teknis setiap desa untuk segera mencairkan dana desa tahap ke tiga. Kita ingin dana desa ini bisa segera diserap oleh desa. Kami harapkan kualitas pembangunan yang dilaksanakan sesuai aturan dan harapan masyarakat," pintanya.

Tanto menyebutkan, penggunaan dana desa di setiap daerah sedang mendapat pengawasan ketat dari pemerintah pusat. Mengingat pemerintah pusat saat ini sedang melakukan pendataan lantaran adanya desa siluman. "Ibu Menteri Keuangan (Sri Mulyani Indrawati) berstatement bahwa ada desa siluman dalam rangka verifikasi, tapi hingga saat ini di Kabupaten Pandeglang tidak ada," tegasnya.

Kepala Seksi Pengendalian Keuangan Desa DPMPD Pandeglang, Ahmad Mubarok mengingatkan, sebelum November semua desa sudah mengajukan pencairan dana desa tahap tiga. "Kita sekarang sedang persiapan untuk pengajuan pencairan dana desa tahap tiga. Progresnya sudah ada 60 desa yang sudah masuk.

Sekarang tinggal menunggu proposal setiap desa untuk pencairan dana desa tahap tiga," terangnya. Menurutnya, untuk penyerapan dana desa tahap dua seluruhnya desa sudah melakukan pencairan.

Namun masih ada desa yang belum mengajukan dana desa tahap dua. "Dari 326 desa yang ada, tinggal satu desa yang belum mengajukan dana desa tahap dua, yakni Desa Kadupandak, Kecamatan Picung, alasannya karena ada persyaratan yang belum terpenuhi karena ada kegiatan dana desa tahap pertama belum selesai," paparnya. (yanadi/hendra)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook