Tingkatkan Mutu Dosen, Unbaja Gelar Seminar Internasional

nurul roudhoh   |   Pendidikan  |   Rabu, 06 November 2019 - 10:53:08 WIB   |  dibaca: 191 kali
Tingkatkan Mutu Dosen, Unbaja Gelar Seminar Internasional

SEMINAR INTERNASIONAL: Rektor Universitas Banten Jaya, Sudaryono (empat dari kanan) foto bersama dengan sejumlah pemateri Seminar Internasional usai kegiatan, kemarin.

SERANG, BANTEN RAYA- Dalam rangka membangun komunikasi yang baik antar sesama ilmuwan, Universitas Banten Jaya (Unbaja) menggelar Seminar Internasional di salah satu hotel di Kota Serang, Selasa (5/11).

Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah IV Jawa Barat dan Banten, Uman Suherman mengatakan, melalui kegiatan seminar internasional ini, diharapkan semua ilmuwan yang ada di Banten maupun di luar Banten dapat menunjukkan aktualisasi kepada para ilmuwan dari luar negeri seperti yang ada dalam seminar internasional ini.

"Seperti sekarang ini pesertanya ada yang dari Brunei Darussalam India dan Malaysia.  makanya kita para ilmuwan, khususnya yang ada di Banten dan umumnya yang ada di Indonesia harus dapat menunjukkan aktualisasi kemampuan diri kepada ilmuan dari luar negri," kata Suherman.

Menurutnya, bukan hanya untuk menjalin komunikasi saja. Namun juga untuk menunjukan kepada dunia, bahwa ilmuwan di Indonesia memiliki kemampuan yang sama dengan ilmuwan yang ada di luar negeri.

"Bukan hanya untuk terjalinnya komunikasi saja, namun juga untuk menunjukan kepada dunia bahwa kita memiliki kesejajaran bahkan kemampuan yang lebih dari mereka. Maka itu, kita harus dapat menunjukkan sebuah aktualisasi sendiri dihadapan orang lain dan  melihat kemampuan orang lain," ungkapnya."Sehingga Dengan begitu kita mampu menentukan, seperti apa langkah yang akan kita lakukan kedepan," sambung Suherman.

Ditempat yang sama, Rektor Unbaja, Sudaryono menyampaikan, Pada Tanggal 2 Agustus 2019 Universitas Banten Jaya genap berusia 8 tahun. Oleh karena itu diharapkan ke depan, melalui kegiatan seminar internasional ini. Dapat meningkatkan pelayanan akademik dan kualitas tri dharma dan pembelajaran di kampus Unbaja Serang.

"Kegiatan seminar internasional ini bertujuan untuk memfasilitasi dosen yang ada di Unbaja, dan dosen-dosen yang berada di kampus lain yang ada di Banten. Hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan pelayanan akademik dan kualitas tri dharma serta pembelajaran di kampus Unbaja," kata Sudaryono.

Adapun, lanjut Sudaryono, harapan dilakukannya kegiatan seminar internasional adalah untuk meningkatkan kesadaran menulis dalam publikasi internasional. Sehingga dengan begitu, Unbaja dapat masuk dikancah internasional dari sisi ilmiah dan publikasinya.

"Harapan saya untuk meningkatkan kesadaran menulis dalam publikasi internasional, supaya Unbaja ini masuk kekancah internasional. Dari sisi ilmiah dan sisi publikasi dan diharapkan mendapatkan kerjasama dengan Malaysia melalui Profesor Dr. Mustofa, dan juga diharapkan dapat berkolaborasi dalam bidang riset dan penelitian," ujar Sudaryono.

Sudaryono menyampaikan seminar internasional itu telah diikuti sebanyak sekitar 150 peserta dari 170 peserta yang mendaftar. "Artikel yang masuk dari seluruh Indonesia itu totalnya 170, tetapi yang telah menyatakan siap hanya ada 150 peserta dan kita telah berikan abstrak penelitiannya dan telah kita berikan kepada peserta semua. Sehingga diharapkan dapat dilanjutkan dan dilakukan ke artikel yang lebih baik lagi," ungkapnya.

Dirinya menyampaikan, kegiatan seminar internasional Ini pertama kali dilakukan oleh unbaja kota Serang. Dimana, kegiatan seminar itu kedepan akan terus dilakukan. "Kegiatan seminar internasional Ini pertama kali dilakukan oleh kampus unbaja Kota Serang. Dan kegiatan seminar ini ke depan akan terus dilakukan setiap 1 tahun sekali, hal itu dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di unbaja Serang," pungkasnya. (satibi)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook