Disporapar Promosikan Batik Khas Kabupaten Serang

nurul roudhoh   |   Serang Raya  |   Rabu, 06 November 2019 - 11:47:05 WIB   |  dibaca: 65 kali
Disporapar Promosikan Batik Khas Kabupaten Serang

PUNYA CIRI KHAS : Kang Nong Kabupaten Serang berfoto bersama jajaran Disporapar Kabupaten Serang usai memeragakan batik etnik Kabupaten Serang, belum lama ini.

SERANG - Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Serang gencar mempromosikan batik khas Kabupaten Serang, salah satunya batik Kaserangan yang diproduksi di Kecamatan Kramatwatu. Dalam event Festival Bedolan Pamarayan, akhir Oktober lalu, Disporapar menghadirkan batik Kaserangan dalam pagelaran peragaan busana yang dibawakan para Kang Nong Kabupaten Serang.

Kepala Bidang Pemasaran dan Kemitraan Usaha Jasa Pariwisata Disporapar Kabupaten Serang Bagja Saputra mengatakan, batik Kaserangan memiliki motif yang khas dengan kultur masyarakat Kabupaten Serang mulai dari motif golok Ciomas, motif bendungan Pamarayan, motif Kimasjong, dan lain sebagainya. "Dalam peragaan busana kemarin, kita bisa melihat bahwa batik Kaserangan cocok dipakai oleh jenis usia apapun, mau muda, yang sudah berusia, bahkan anak-anak," kata Bagja.

Disporapar sendiri berharap masyarakat Kabupaten Serang bisa bangga dengan produksi batik lokal dari Kabupaten Serang. Semakin luas pasar yang bisa dicapai, semakin besar multiplier effect yang bisa dirasakan masyarakat. "Bisa menyerap tenaga kerja lebih banyak, bisa menstimulan kegiatan ekonomi yang selain. Sejauh ini antusiasme masyarakat terhadap batik Kaserangan terus meningkat dan cukup tinggi. Akan tetapi, kita perlu lebih jauh dan terus mempromosikannya," kata pria murah senyum ini.

Kasi Kemitraan Usaha Jasa Pariwisata Disporapar Kabupaten Serang Wipi Yuningsih mengatakan, selain batik Kaserangan, ada pula batik Tejo Padarincang yang saat ini terus berkembang dan diminati masyarakat. "Kalau batik Tejo itu motifnya misalnya motif buaya putih, daun sirih, jebug, yang mengambil kearifan masyarakat lokal," kata Wipi. (fikri)

 

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook