Calon Ketua Kadin Dipatok Rp200 Juta

nurul roudhoh   |   Serang Raya  |   Rabu, 06 November 2019 - 11:49:03 WIB   |  dibaca: 118 kali
Calon Ketua Kadin Dipatok Rp200 Juta

BERKOMPETISI SEHAT : Ketua Panitia Pengarah Mukab Kadin Kabupaten Serang Nunung Nursyiamudin (kelima dari kanan) didampingi jajaran panitia lain menyerahkan formulir pendaftaran calon Ketua Kadin Kabupaten Serang kepada Agus Firman Sundari, Selasa (5/11).

SERANG - Panitia Musyawarah Kabupaten (Mukab) Kamar Dagang dan Industri mematok biaya partisipasi calon ketua Kadin Kabupaten Serang Rp200 juta. Dana tersebut diberikan ketika bakal calon ketua Kadin menyerahkan formulir pendaftaran calon ketua. "Jadi Rp5 juta diserahkan saat mengambil formulir pendaftaran, dan sisanya Rp195 juta diserahkan saat pengembalian formulir pendaftaran," kata Ketua Pelaksana Mukab Kadin Kabupaten Serang Ary Yudianto, di kantor Kadin Kabupaten Serang, kemarin.

Ary mengatakan, biaya partisipasi tersebut diatur dalam Peraturan Organisasi Kadin Tahun 2018 mengenai Pedoman Penyelenggaraan Musyawarah Kabupaten/Kota Kamar Dagang dan Industri. Dalam pasal 4 ayat 3 huruf d disebutkan bahwa panitia berhak menetapkan besaran kontribusi calon ketua dalam pelaksanaan mukab berdasarkan biaya-biaya akomodasi hotel atau tempat penyelenggaraan mukab, konsumsi, seminar kit, ditambah 25 persen dari biaya-biaya tersebut. "Awalnya biaya itu Rp226 juta berdasarkan RAB (rincian anggaran biaya) plus 25 persen. Akhirnya kita bikin Rp200 juta. Kita juga sudah konsultasi dengan Kadin provinsi," kata Ary.

Calon ketua juga disyaratkan terdaftar dua tahun berturut-turut menjadi anggota Kadin yang dibuktikan dengan kepemilikan kartu tanda anggota (KTA) B, dan anggota luar biasa minimal lima anggota dengan KTA luar biasa.

Jika tidak ada aral rintangan, mukab akan dilaksanakan di Marbella Hotel Convention and Spa Anyer pada 4 Desember. Setelah para bakal calon ketua menyerahkan formulir pendaftaran, panitia akan melakukan verifikasi berkas. Jika tidak lolos verifikasi, dana partisipasi Rp195 juta akan dikembalikan.

Sementara jika lolos verifikasi, dana partisipasi akan digunakan untuk keperluan mukab. "Kalau ada beberapa calon, bisa voting nanti pemilihan. Kalau calonnya calon tunggal aklamasi," kata Ary seraya mengatakan, dana partisipasi yang tersisa setelah kegiatan mukab akan dikembalikan kepada calon ketua setelah dibagi jumlah kandidat.

Sekretaris Panitia Pengarah Mukab Kadin Kabupaten Serang Isbandi berharap mukab berjalan dengan demokratis. "Patokan kita melaksanakan mukab itu ya AD ART (anggaran dasar anggaran rumah tangga) dan PO (peraturan organisasi) saja, termasuk hasil konsultasi dengan Kadin provinsi," kata Isbandi.

Dalam proses pencalonan ketua kadin, para kandidat akan diminta untuk memaparkan visi misi mereka di hadapan peserta mukab. "Agar peserta bisa menilai bagaimana Kadin akan di bawa ke depan," katanya.

Kadin ke depan, kata Komisaris PT Serang Berkah Mandiri ini memang memiliki tantangan yang cukup berat, terutama untuk perusahaan lokal yang ada di Kabupaten Serang. "Sekarang satu sisi BUMN sudah masuk ke daerah. Ranah pekerjaan yang mestinya dikerjakan perusahaan lokal, dikerjakan BUMN. Kemudian  Pemanfaatan era digital yang menjadi perusahaan banyak yang belum menyesuaikan diri.

Belum lagi bagaimana kadin itu bisa sinergi dengan pemda termasuk dunia usaha dan industri. Di Kabupaten Serang ini luas, ada 700 perusahaan. Kalau bisa sinergi bisa menguatkan kekuatan lokal," kata Isbandi.

Isbandi berharap, ke depan Kadin bisa berjaya lagi, kembali memiliki peran sebagai mitra pemda mendorong pembangunan pertumbuhan ekonomi, termasuk mitra perusahaan-perusahaan swasta. "Persoalannya kan perusahaan itu berpikir apa sih manfaatnya jadi anggota kadin. Makanya tantangan ke depan bagaimana Kadin punya nilai lebih," katanya.

Sementara itu, kemarin, Agus Firman Sundari, menjadi pengusaha pertama yang mengambil formulir pendaftaran calon Ketua Kadin Kabupaten Serang. Agus Firman mengambil sendiri formulir pendaftaran dengan didampingi pendukungnya. "Kita ingin menjadi fasilitator antara pengusaha dan investor. Sehingga Kadin ini bisa tumbuh dan berkembang, punya nilai di mata pengusaha, dan ada ketertarikan untuk masuk Kadin," kata Agus di depan panitia Mukab saat mengambil formulir. (fikri)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook