Puluhan Pelajar DIkenalkan Bahaya HIV

nurul roudhoh   |   Pendidikan  |   Kamis, 07 November 2019 - 11:24:49 WIB   |  dibaca: 164 kali
Puluhan Pelajar DIkenalkan Bahaya HIV

PENCEGAHAN: Suasana sosialisasi bahaya HIV/Adis kepada pelajar SMK Negeri 7 Kota Tangerang Selatan, kemarin.

TANGERANG, BANTEN RAYA-Ratusan pelajar SMK Negeri 7 dan SMA Negeri 12 Kota Tangerang Selatan mengikuti kegiatan sosialisasi HIV/ Aids yang digelar oleh Komisi Penanggulangan HIV/Aids (KPA) Provinsi Banten, Rabu (6/11).

Menurut Lena Rahayu, Staf Program KPA Banten, KPA Provinsi Banten bersama dengan KPA Kota Tangerang Selatan dan Kantor Cabang Dinas (KCD) Kota Tangerang dan Tangerang Selatan pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Banten, menyelenggarakan sosialisasi HIV/Aids, dan infeksi menular seksual (IMS) kepada ratusan pelajar yang berada di SMK Negeri 7 dan SMA Negeri 12 Kota Tangerang Selatan.

Ia menilai, masa remaja merupakan proses jati diri terbangun. Di usia ini mereka mencari cari identitas, termasuk mengekplorasi perilaku sosial diantaranya seksualitas dan narkoba. Seiring dari hasil pemetaan sosial yang dilakukan oleh KPA Banten, terkait dengan perilaku beresiko, angka remaja berperilaku seksual menyimpang cukup mengkhawatirkan.

Mulai dari hubungan sesama jenis, lanjutnya, hingga menjual diri yang akhirnya berdampak pada peningkatan kasus HIV dan IMS di kelompok remaja. Dengan permasalahan tersebut KPA Provinsi Banten dan Kota Tngsel bersama mitra kerja dalam hal ini KCD Kota Tangerang dan Tangerang Selatan berkepentingan untuk memutus mata rantai  epidemi HIV/Aids dan IMS pada kelompok remaja dengan melaksanakan program memberikan informasi melalui sosialisasi tentang HIV/Aids dan IMS untuk kalangan remaja di tingkat SMA dan SMK.

"Program Sosialisasi HIV/Aids dan IMS KPA Goes To School ini tidak hanya dilakukan di Kota Tangerang Selatan dan Kota Tangerang, namun program ini pun dilaksanakan juga di 6 kabupaten/kota lainnya, diantaranya Kabupaten Lebak, Pandeglang, Serang dan Kota Serang," katanya, kemarin.

Ia mengaku, tujuan kegiatan tersebut salah satu bentuk komitmen KPA Banten untuk selamatkan generasi emas Banten khususnya, dan Indonesia umumnya untuk terhindar dari HIV/Aids dan IMS."Jauhi prilaku beresiko dan cegah virusnya, bukan stigma orangnya menuju masyarakat Banten Sehat," tegasnya. (satibi)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook