Paduan Suara Solusi Masalah Pengangguran

nurul roudhoh   |   Metro Serang  |   Kamis, 07 November 2019 - 12:12:29 WIB   |  dibaca: 21 kali
Paduan Suara Solusi Masalah Pengangguran

SOSIALISASI: Kepala Bidang Kebudayaan pada Dindikbud Kota Serang Evie Shofiyah Usman (kiri) saat acara Pelatihan Manajemen Gita Bahana Nusantara atau GBN, Rabu (6/11).

SERANG, BANTEN RAYA- Paduan suara dapat menjadi jawaban atas masalah pengangguran di Banten, khususnya Kota Serang. Diketahui, pengangguran di Banten termasuk yang tertinggi di tingkat nasional.

Kota Serang adalah salah satu penyumbang pengangguran di Banten."Dengan mengembangkan kreativitas, paduan suara bukan hanya menjadi hobi, namun juga pekerjaan," ujar Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kota Serang Wasis Dewanto saat acara Fasilitasi Perkembangan Keragaman Budaya Daerah (Pelatihan Manajemen Gita Bahana Nusantara atau GBN) tahun 2019 di salah satu hotel di Kota Serang, Rabu (6/11).

Wasis mengatakan bahwa Pelatihan Manajemen Gita Bahana Nusantara dapat menjadi sarana untuk belajar bekerja secara tim. Selain itu diharapkan dapat meningkatkan keinginan peserta untuk belajar mengenai paduan suara.“Selain itu agar mereka dapat meningkatkan kemampuan bekerja secara tim, karena paduan suara merupakan kerja tim," ujarnya.

Kepala Bidang Kebudayaan pada Dindikbud Kota Serang Evie Shofiyah Usman mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan minat dan bakat masyarakat, pelajar, dan mahasiswa yang tergabung dalam Gita Bahana Nusantara dalam hal paduan suara.

Juga  masing-masing tim paduan suara di setiap satuan pendidikan.“Dengan mengikuti kegiatan ini, peserta dapat mengetahui teknik bernyanyi yang baik dan benar. Selain itu, peserta juga dapat membaca notasi angka maupun balok dan tata cara pengelolaan penampilan tim paduan suara,” katanya.

Evie menuturkan bahwa hasil pelatihan ini diharpakn para peserta dapat mengimplementasikan ilmu yang mereka dapat selama pelatihan di masing-masing sekolah ataupun perguruan tinggi. Dengan penambahan ilmu dan wawasan diharapkan penampilan para peserta dapat lebih baik ke depan."Bisa untuk penampilan saat upacara hari Senin atau kegiatan lain yang bermanfaat bagi mereka dan Kota Serang," katanya.

Kepala Seksi Kesenian pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Serang  Erni Nuswantari mengungkapkan bahwa pelatihan sehari ini diikuti 100 peserta yang terdiri dari siswa/ siswi sekolah dan anggota tim paduan suara  Gita Bahana Nusantara. Tujuannya adalah mengembangkan bakat seni suara/vokal, baik dari segi teknik bernyanyi paduan suara maupun membaca prima vista. (tohir/rahmat)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook