Bupati Raih Penghargaan Smart City

nurul roudhoh   |   Metro Tangerang  |   Kamis, 07 November 2019 - 13:21:48 WIB   |  dibaca: 20 kali
Bupati Raih Penghargaan Smart City

PENGHARGAAN : Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar menerima penghargaan dari Menkominfo, Johnny G Plate, di Jakarta, kemarin.

KAB. TANGERANG, BANTEN RAYA - Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar menghadiri acara Presidential Lecture dan Awarding Gerakan Menuju 100 Smart City 2019 di Balai Sudirman Jakarta, Rabu (6/11). Dalam kesempatan tersebut Bupati Tangerang, A Zaki Iskandar mendapat penghargaan sebagai Kota yang menerapkan Smart City.

Penghargaan ini diberikan sebagai apresiasi bagi kepala daerah yang sudah berkomitmen untuk penyelesaian tahapan awal Gerakan Menuju 100 Smart City 2019.Kabupaten Tangerang sendiri, kata Zaki, sedang melakukan gebrakan dalam hal pelayanan publik. "Di Kabupaten Tangerang kami spesifik ke bidang pelayanan warga.

Kami membuat gebrakan bagaimana memberi pelayanan tercepat dan terbaik kepada warga. Dan, bagaimana setiap laporan warga dalam waktu tidak terlalu lama harus sudah di-follow up," kata Zaki melalui keterangan tertulis yang diterima wartawan.

Zaki menjelaskan, Kabupaten Tangerang Smart City adalah salah satu program untuk mengajak masyarakat berpartisipasi dalam program pembangunan, dan transformasi menuju Kabupaten Tangeran semakin maju. Masyarakat, kata Zaki, bisa melaporkan setiap masalah lingkungan dan sosial melalui aplikasi.

“Inovasi layanan sudah dilakukan Pemkab Tangerang, seperti e-planing, e-budgeting, e-money dan berbagai aplikasi berbasis online yang telah dilaksanakan oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Tangerang," jelasnya.

Selain itu, lanjut Zaki, ada beberapa OPD yang sudah menggunakan peralatan berbasis online, seperti Badan Pendapatan Daerah (Bapeda) dengan pelayanan pembayaran pajak online, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) yang sudah menggunakan pendaftaran secara online, dan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMTSP).

"Hal yang utama harus dipersiapkan ini, yaitu meningkatkan sumberdaya manusia, kemudian peralatan penunjang, jaringan internet dan beragam aplikasi yang nantinya diperuntukkan dalam pelaksanaannya, tentu untuk kemudahan masyarakat," katanya.

Menurut Zaki, Kabupaten Tangerang sebagai salah satu daerah urban dengan ragam kultur serta laju pertumbuhan penduduk yang cukup pesat menjadi salah satu faktor utama pemkab harus bisa berinovasi dengan cepat dan inovatif untuk memberikan pelayanan yang berkualitas baik secara fisik maupun nonfisik kepada masyarakat.

“Smart City sebagai sebuah konsep kota cerdas yang dapat membantu masyarakat mengelola sumber daya yang ada dengan efisien serta mampu menghubungkan infrastruktur fisik, sistem informasi layanan publik, infrastruktur sosial, dan bisnis infrastruktur yang berguna untuk meningkatkan kecerdasan kota,” Kata Zaki.

Zaki menambahkan, Pemkab Tangerang berhasil meraih penghargaan `Gerakan Menuju 100 Smart City`. Keberhasilan ini dapat diraih bukan hanya kemampuan menyusun masterplan serta quick wins smart city dengan baik, tetapi juga dilihat dari kesiapan infrastruktur TIK di daerah serta komiten untuk melaksanakan pengembangan smart city secara berkelanjutan.

“Penghargaan ini patut kita syukuri karena upaya yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Tangerang untuk menjadikan Kabupaten Tangerang sebagai kota pintar sudah sesuai dengan Guideline Masterplan Smart City Kementerian Kominfo RI,” pungkasnya. (imron).

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook