Kelurahan Ciwaduk Gelar Pra Musrenbang

nurul roudhoh   |   Metro Cilegon  |   Jumat, 08 November 2019 - 10:57:12 WIB   |  dibaca: 15 kali
Kelurahan Ciwaduk Gelar Pra Musrenbang

MUSRENBANG : Warga RW 10, Kelurahan Ciwaduk melakukan Pra Musrenbang, Kamis (7/11).

CILEGON, BANTEN RAYA – Warga RW 10, Kelurahan Ciwaduk, Kecamatan Cilegon menggelar Pra Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang). Hal itu dilakukan untuk menginventarisir berbagai kebutuhan warga dalam hal pembangunan, baik infrstruktur maupun pemberdayaan.

Lurah Ciwaduk, Dedi Suryadinata menjelaskan, adanya pra musrenbang akan dilakukan sebanyak dua kali, yaitu di lingkungan dan Lembaga Pembardayaan Masyarakat (LPM) tingkat kelurahan.

Hal itu tentu untuk menyeleksi berbagai kebutuhan warga dalam hal pembangunan, sehingga konsep dalam musrenbang saat Januari nanti sudah matang dan diseleksi berdasarakan urgensi serta skala prioritas pembangunan.“Pra musrenbang itu dua kali dilaksanakan pada 2019. Nantinya pada Januari 2020 konsepnya sudah matang,” katanya kepada Banten Raya, Kamis (7/11).

Soal usulan, imbuh Dedi, masih akan banyak disampaikan soal infrastruktur, terutama jalan, posyandu dan hal lainnya. Untuk pembangunan berskala besar akan didorong dan dikawal agar dinas terkait merealisasikannya. Namun, untuk program infrstruktur berskala kecil diharapkan bisa diakomodir dari Dana Pembangunan Wilayah Kelurahan (DPWKel).“Untuk kebutuhan pembangunan dengan anggaran yang besar kami dorong sampai ke musrenbangkot, untuk skala kecil akan dipetakan dalam DPWKel,” imbuhnya.

Sementara itu, Camat Cilegon, Idad Zaldad berharap, usulan yang diberikan dalam pra musrenbang benar-benar kebutuhan pembangunan yang ada di lingkungan. Jangan sampai, kata dia, usulan muncul berdasarkan keinginan. Artinya, papar Idad, skala manfaatnya harus besar untuk warga lingkungan dan kelurahan.“Harus mampu membedakan mana kebutuhan dan keinginan, sehingga fasilitator harus mampu mengarahkan pemahaman warga soal pembangunan yang prioritas,” ungkapnya.

Idad menjelaskan, dengan adanya pra musrenbang, maka usulan benar-benar muncul berdasarakan kebutuhan warga. Nantinya, kata Idad, pihaknya juga akan mengawal sampai realisasi pembangunan.“Tidak hanya warga di kecamatan kami yang bicara soal kebutuhan pembangunan. Untuk itu kami harap bisa dikawal sampai benar-benar direalisasikan,” paparnya. (uri)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook