Kelurahan Kalitimbang Bersihkan Sampah Kali Ciberko

nurul roudhoh   |   Metro Cilegon  |   Senin, 11 November 2019 - 10:43:51 WIB   |  dibaca: 60 kali
Kelurahan Kalitimbang Bersihkan Sampah Kali Ciberko

BERSIHKAN KALI : Lurah Kalitimbang, Bahroni bersama warga membersihkan Kali Ciberko, kemarin.

CILEGON, BANTEN RAYA – Sejumlah warga dan pihak Kelurahan Kalitimbang, Kecamatan Cibeber melakukan gotong-royong membersihkan saluran Kali Ciberko, Jumat (8/11) lalu. Aksi berih-bersih itu dilakukan untuk mencegah terjadinya banjir luapan air Kali Ciberko saat musim ujan tiba.

Lurah Kalitimbang, Bahroni menjelaskan, selain mengalami pendangkalan, saat ini kondisi kali tersebut juga ditumbuhi sejumlah pohon menjalar. Hal itu membuat kondisi air kali tidak mengalir secara lancar, ditambah banyaknya sampah yang ada di permukaan kali akan mengakibatkan sumbatan saat adanya hujan dan air menjadi meluap kepemukiman warga.

“Kami harap dengan adanya gorong royong Jumsih (Jumat bersih) yang dilakukan warga bisa mengurangi volume sampah di permukaan kali, termasuk juga membersihkan sejumlah pohon menjalar disekitarnya,” katanya kepada Banten Raya, kemarin.

Bahroni menyampaikan, pihaknya terus melakukan imbauan kepada warga untuk secara rutin membersihkan sejumlah saluran di lingkungan. Hal itu untuk menghindari sumbatan air saat musim hujan datang.“Lebih baik dipersiapkan sekarang. Sebab, jika nanti saat turun hujan baru berbuat sudah terlambat. Kami dari pemerintah juga mencoba turun langsung bersama warga membersihkan,” imbuhnya.

Sementara itu, Sekretaris Lurah (Seklur) Kalitimbang, Asep Muzayyin mengungkapkan, dengan adanya gotong-royong diharapkan juga terjalin komunikasi dan koordinasi yang lebih baik anatara pemerintah dan warga, sehingga bukan hanya program mengantisipasi banjir saja.

Namun program lainnya juga bisa secara langsung disampikan kepada pemerintah kelurahan.“Kami selalu membuka juga untuk warga menyampaikan aspirasi dan kebutuhannya. Sebab, hal tersebut menjadi baik untuk pembangunan di wilayah kelurahan,” paparnya.

Asep menyatakan, diharapkan juga warga untuk bersama-sama membangun kesadaran soal sampah. Sebab, sampah merupakan hal yang disepelekan. Padahal, tegas Asep, sampah bisa berakibat terhadap kesehatan, banjir dan lainnya.“Kami harap secara perlahan perilaku warga juga bisa berubah. Sampah harus dikelola dan tidak boleh dibuang di atas kali,” singkatnya. (uri)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook