Siswa HSPG Serang Belajar Membuat Bakso Cuanki

nurul roudhoh   |   Pendidikan  |   Selasa, 12 November 2019 - 14:30:04 WIB   |  dibaca: 95 kali
Siswa HSPG Serang Belajar Membuat Bakso Cuanki

BAKSO: Peserta didik HSPG Serang nampak asik membuat bakso di Koperasi Bakti Mulia, Kota Serang, kemarin.

SERANG, BANTEN RAYA - PKBM Homeschooling Primagama (HSPG) Serang mengadakan kegiatan fieldtrip ke Koperasi Bakti Mulia milik PKBM Ummatan Wasathon Kasemen, Kota Serang. Fieldtrip kali ini siswa diajak belajar membuat bakso cuanki.

Kepala Sekolah HSPG Serang, Dita Yunia Carolina mengatakan, kegiatan filedtrip dilakukan dua kali setiap tahun ajaran atau sekali setiap semester. Kegiatan tersebut diikuti oleh total 16 warga belajar, yang terdiri dari 4 siswa paket A, 6 siswa paket B, dan 6 siswa paket C."Dalam kegiatan fieldtrip kali ini bertujuan menumbuhkan jiwa kewirausahaan kepada warga belajar," kata Dita, disela kegiatan.

Dita menjelaskan, kegiatan fieldtrip dimulai dengan melihat proses pembuatan gerobak bakso sebagai salah satu alat yang digunakan keliling untuk berjualan, kemudian dilanjutkan dengan melihat mesin cetak bakso kecil, dan melihat pembuatan siomay, yaitu salah satu komposisi bakso cuanki selain bakso daging dan bakso tahu.Setelah itu, berkunjung ke UKM Bakti Mulia, yakni tempat penjualan bumbu-bumbu dasar yang digunakan untuk membuat bakso.

Selanjutnya anak-anak praktik mencetak bakso besar secara manual menggunakan tangan sampai pada merebus, menggoreng dan menyantap bakso buatan warga belajar itu sendiri.
"Sebagian besar masyarakat suka bakso, tapi hanya sebagian kecil yang tahu cara pembuatannya.

Dengan kegiatan ini, kata Dita, diharapkan membentuk karakter warga belajar yang percaya diri untuk membangun usaha, kreatif dalam menciptakan inovasi resep masakan, misalnya bakso kreasi baru sehingga nanti banyak digemari masyarakat luas, menjadi orang yang mandiri di masa depan, dan sukses tentunya,” ungkap Dita disela kegiatan.

Najla, salah satu warga belajar HSPG Serang mengatakan, pertama kali ikut fieldtrip di HSPG, dan ternyata sangat menyenangkan. "Sebagai siswa baru aku banyak belajar dari kegiatan kali ini, sangat seru dan asik,” katanya.Dalam kegiatan filedtrip warga belajar mengamati dan mempelajari setiap pos kegiatan yang dijelaskan oleh pemandu, yaitu Pak Nuriman, selaku pengelola.

Ia mengatakan, suatu kehormatan bisa mendapat kunjungan dari temen-temen warga belajar HSPG Serang. "Kita bisa saling mengisi dalam kegiatan belajar mengajar, khususnya di lingkungan pendidikan non-formal ini," jelasnya. (*/marjuki)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook