Pemkot Optimistis Tb Achmad Chatib Ditetapkan Pahlawan

nurul roudhoh   |   Metro Serang  |   Selasa, 12 November 2019 - 14:43:00 WIB   |  dibaca: 38 kali
Pemkot Optimistis Tb Achmad Chatib Ditetapkan Pahlawan

BERHARAP: Walikota Serang Syafrudin foto bersama dengan pegawai Dinsos Kota Serang yang terlibat dalam proses pengajuan gelar pahlawan, Senin (11/11).

SERANG, BANTEN RAYA- Meski tahun ini usulan Tb Achmad Chatib sebagai pahlawan nasional tidak dikabulkan pemerintah pusat, namun Pemerintah Kota (Pemkot) Serang masih tetap berharap Tb Achmad Chatib ditetapkan menjadi pahlawan. Penetapan itu diharapkan terkabul tahun 2020 mendatang.

Kepala Seksi Kepahlawanan Keperintisan Kesetiakawanan Sosial dan Restorasi Sosial pada Dinas Sosial (Dinsos) Kota Serang Iip Muhamad Arif mengatakan bahwa tahun ini pemerintah memutuskan sejumlah tokoh menjadi pahlawan, namun tidak ada yang berasal dari Kota Serang."Kemungkinan karena anggaran dari pusat saja. Penetapan berkaitan dengan penganggaran juga," kata Iip.

Iip menyatakan bahwa dari sisi syarat pengajuan Tb Achmad Chatib sudah memenuhi syarat. Karena itu ia mengaku optimistis gelar pahlawan akan turun pada 2020."Insya Allah tahun depan pemerintah akan menetapkan Achmad Chatib sebagai pahlawan nasional," katanya.

Adapun bila ada kendala dalam proses pengajuan Achmad Chatib menjadi pahlawan itu berkaitan dengan masalah teknis Surat Keputusan TP2GD Provinsi Banten yang sampai saat ini belum ditandatangani Gubernur Banten Wahidin Halim (WH).

Sampai saat ini belum ada jawaban pasti mengenai apakah Achmad Chatib tidak ditetapkan jadi pahlawan. Karena itu, ia menyatakan bahwa ini adalah statement dari Dinsos Kota Serang, bukan jawaban dari Kementerian Sosial RI. Sebab dari kemensos belum ada jawaban pasti."Kemungkinan itu (SK TP2GD) yang jadi ganjalan mengapa Achmad Chatib belm ditetapkan sebagai pahlawan nasional," katanya.

Dengan kondisi seperti ini, ia meyakini penetapan Achmad Chatib sebagai pahlawan nasional dari Provinsi Banten hanya tinggal menunggu waktu. Pihaknya akan mencoba melengkapi SK TP2GD Provinsi Banten yang belum ditandatangani Gubernur Banten, sehingga bila masih ada kekurangan hanya itu saja yang perlu dilengkapi. Sementara proses lainnya termasuk verifikasi sudah tidak akan dilakukan lagi karena sudah pernah dilakukan sebelumnya.

Walikota Serang Syafrudin mengatakan Pemerintah Kota Serang hanya bisa mengusulkan gelar pahlawan kepada pemerintah pusat. sementara keputusan ada di tangan pemerintah pusat. Ia meyakini belum ditetapkannya Achmad Chatib sebagai pahlawan karena masih ada kekurangan. Karena itu ke depan ia berharap kekurangan-kekurangan itu bisa dilengkapi. Ia juga mengaku optimistis tahun depan gelar pahlawan akan bisa disematkan kepada Achmad Chatib. (tohir/rahmat)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook