Pemkot Belum Penuhi Alat Bantu Penyandang Disabilitas

nurul roudhoh   |   Metro Serang  |   Selasa, 12 November 2019 - 14:45:43 WIB   |  dibaca: 46 kali
Pemkot Belum Penuhi Alat Bantu Penyandang Disabilitas

ALAT BANTU: Penyandang disabilitas menerima alat bantu berupa kursi roda dari Dinas Sosial (Dinsos) Kota Serang, di kantor Dinsos, Kebon Jahe, Kota Serang, Senin (11/11) pagi, sekitar pukul 09.30.

SERANG, BANTEN RAYA- Pemerintah Kota (Pemkot) Serang melalui Dinas Sosial (Dinsos) Kota Serang hingga saat ini belum bisa memenuhi kebutuhan alat bantu untuk penyandang disabilitas di Kota Serang. Hal itu karena minimnya APBD Kota Serang.

Kepala Seksi (Kasi) Disabilitas pada Dinas Sosial (Dinsos) Kota Serang Eka Faksi mengatakan, sampai tahun 2019 ini, dari jumlah 1.334 penyandang disabilitas, baru sekitar 30 persen yang sudah mendapatkan bantuan alat.“Sampai saat ini belum semua penyandang disabilitas mendapatkan bantuan itu, masih banyak yang harus kita bantu,” ujar Eka kepada wartawan ditemui di ruang kerjanya di kantor Dinsos Kota Serang, Kebon Jahe, Kota Serang, Senin (11/11) pagi sekitar pukul 09.30.

Ia menuturkan, bantuan tersebut diberikan secara bertahap, bahkan jumlahnya setiap tahun tidak merata.“Karena APBD terbatas, jadi kita berikan pada yang sudah mengajukan terlebih dahulu di tahun sebelumnya,” ucap dia.

Eka menyebutkan, untuk tahun ini pihaknya memberikan 45 kursi roda, 2 alat bantu dengar, 15 tongkat ketiak, dan 20 tongkat tunanetra. Sementara untuk tahun 2020 nanti jumlah lebih sedikit dibandingkan dengan tahun ini.“Jumlahnya bahkan tidak separuhnya dari tahun ini, jadi jumlahnya berkurang,” sebutnya.

Ia menjelaskan, bagi penyandang disabilitas yang ingin mendapatkan bantuan alat tersebut, harus memenuhi beberapa persyaratan. Syarat pertama mengajukan melalui aplikasi bernama e-bansos, kemudian mendapatkan rekomendasi dari tim dinsos.“Baru nanti setelah mendapatkan surat keputusan (SK), bantuannya baru akan diberikan tahun depan, jadi tidak bisa langsung kita juga harus mengajukan sesuai kuota,” jelas Eka.

Eka mengungkapkan, bantuan tersebut merupakan pemenuhan hak-hak untuk penyandang disabilitas sesuai dengan undang-undang nomor 8 tahun 2016 tentang hak-hak disabilitas.“Minimal penyandang disabiltias ini mendapatkan bantuan sesuai dengan kebutuhannya masing-masing, karena kalau bukan pemerintah siapa lagi yang akan membantu mereka,” ungkap dia.

Penyandang Disabilitas asal Pakupatan, Kota Serang Yanto mengaku sangat membutuhkan bantuan alat dari Pemkot Serang. Hal ini karena akan membantu pihaknya untuk menjalani aktivitasnya sehari-sehari.“Ini benar-benar sangat membantu kami, saya ucapkan terima kasih kepada Pemkot Serang yang telah peduli terhadap kami (penyandang disabilitas),” ujar Yanto.

Ia mengaku sudah mengajukan permintaan bantuan alat tersebut pada tahun 2018 lalu, dan bantuannya baru bisa didapatkan pada tahun ini. Hal ini juga sesuai dengan apa yang dijanjikan oleh Pemkot Serang.“Alhamdulillah barangnya sudah datang sesuai dengan apa yang dijanjikan, jadi tidak lambat. Kami harap ini juga berlaku untuk semuanya (penyandang disabilitas),” harapnya. (harir/rahmat)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook