40 Cakada Daftar ke Gerindra

nurul roudhoh   |   Politik  |   Selasa, 12 November 2019 - 15:26:36 WIB   |  dibaca: 725 kali
40 Cakada Daftar ke Gerindra

SIAP BERTARUNG : Ketua DPC Gerindra Kabupaten Serang Syamsul Rizal (ketiga dari kiri) mengembalikan formulir pendaftaran, Senin (11/11).

SERANG, BANTEN RAYA – Desk Pilkada Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Gerindra Provinsi Banten mencatat 40 nama yang melamar sebagai calon kepala daerah (cakada) hingga Senin (11/11). Mereka yang mendaftar memiliki latar belakang beragam. Mulai dari petahana, politikus pengusaha, aktivis hingga mahasiswa.

Informasi yang dihimpun, 40 nama tersebut mendaftar untuk empat daerah yang akan menggelar Pilkada 2020. Di Kabupaten Serang, Ratu Tatu Chasanah (petahana/politikus Golkar), Sulaiman Ridho (kader internal Gerindra), Abdul Latif (pengusaha). Kemudian, Lili Romli (akademisi/ASN), Eki Baihaki (politikus Demokrat), Wahyu Papat JR (politikus PKB), M Najib Hamas (politikus PKS), Masrori (politikus PAN) dan Syamsul Rizal yang tak lain adalah Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Gerindra Kabupaten Serang.

Selain itu, ada juga yang mendaftar untuk posisi calon wakil bupati. Ada tiga pendaftar yaitu Sarjudin (ASN), Madroji (ASN) dan Pandji Tirtayasa (petahana/politikus PDIP).Sementara untuk Pilkada Cilegon, terdapat nama Reno Yanuar (politikus PDIP), Ratu Ati Marliati (petahana), Faturohman (pengusaha), Helldy Agustian (politikus Berkarya), serta Iye Iman Rohiman (pengusaha). Ada juga nama M Joni (Ketua PA 212 Cilegon) dan Evi Silvi (advokat).

Di Pilkada Pandeglang, pendaftar terdiri dari Entol Ferdi (ASN di Bandung), Aap Aptadi (politikus Perindo), Nabil Jayabaya (pengusaha), Herman Firdaus (pengusaha), Toni Fathoni Mukhson (politikus PKB) dan Oji Fahrurozi (aktivis). Lalu tak ketinggalan ada Irna Narulita (petahana/politikus Demokrat) juga mendaftar. Sedangkan yang mendaftar untuk posisi calon wakil bupati ada Sofiatul Widad (kader internal Gerindra) dan Tb M Rayhan Azhar (mahasiswa).    

Terakhir, untuk Pilkada Tangerang Selatan, yang mendaftar ada Kolonel Beben Nurfadilah (TNI), Bambang Sudiyono (pengusaha), Tomi Patria (ASN), anak Ma'ruf Amin yakni Siti Nurazizah (ASN), Rahmad Suhendar (pegiat anti korupsi), serta Ria Juwita (ASN) dan Muhammad (ASN). Kemudian ada juga Yusrianto (pengusaha), Bayu Seta (tokoh masyarakat), Yardin Z (aktivis lingkungan), Fahd Pahdepie (pengusaha), dan Muslihudin (tokoh masyarakat).

Semua pendaftaran dilakukan di Sekretariat DPD Gerindra Provinsi Banten, Tembong, Kecamatan Cipocok Jaya, Kota Serang.Ketua Desk Pilkada Kabupaten Serang Kiwan Nuryadi mengatakan, Gerindra menggelar pendaftaran cakada secara serentak, tak terkecuali untuk Pilkada Kabupaten Serang.

Hingga kemarin, sederet nama sudah menyatakan diri mendaftar ke partai besutan Prabowo Subianto tersebut. “Kami desk pilkada sesuai dnegan tupoksi bagaimana membuka penjaringan dan menerima pendaftaran. Kemudian untuk pengembalian formulir dibuka sampai 15 November,” ujarnya, Senin (11/11).

Anggota DPRD Kabupaten Serang itu menuturkan, pihaknya menyambut baik bagi siapapun yang mendaftar ke partainya. Soal siapa yang akan diusung, Gerindra memiliki tahapan dan mekanisme untuk menentukannya.  “Dalam hal kami menyambut baik, semua sama. Ada tahapan bagaimana kami Gerindra menentukan,” katanya.

Dia tak menampik, pihaknya ingin mendorong kader internal untuk maju pada pilkada. Akan tetapi yang terpenting dari penjaringan ini adalah mencari yang terbaik. “Saya pikir semua partai juga punya keinginan mendorong kader tapi barang kali kami, bagaimana Partai Gerindra bisa menjaring putra putri terbaik Kabupaten Serang,” ungkapnya.

Ketua Desk Pilkada DPD Gerindra Provinsi Banten Ali Mustofa mengatakan, pendaftaran cakada dibuka sejak 1 hingga 15 November. Setelah pendaftaran, akan dilakukan seleksi administrasi, diskusi bersama pendaftar, survei internal dan terakhir menentukan bakal calon yang diusung.“Indikator penilaian ada pada aspek integritas, pembuatan visi misi, kepemimpinan, jaringan, sumber data termasuk logistik dan kesehatan,” tuturnya.

Diperkirakan, proses penjaringan akan memakan waktu berbulan-bulan karena terdapat sejumlah tahapan yang harus ditempuh. Pihaknya menargetkan sudah ada keputusan siapa yang akan diusung dan arah koalisi pada April 2020. Waktu itu berdekatan dengan jadwal pembukaan pendaftaran cakada di KPU.“Selama proses penjaringan, supaya pesta demokrasi ini bergairah kami akan menggelar diskusi terkait isu-isu daerah yang menghadapi pilkada,” ujarnya. (dewa)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook