Permudah Kearsipan, UT Luncurkan Sikekeu

nurul roudhoh   |   Pendidikan  |   Rabu, 13 November 2019 - 12:25:09 WIB   |  dibaca: 182 kali
Permudah Kearsipan, UT Luncurkan Sikekeu

SIKEKEU: Direktur UT Serang Maman Rumanta (7 dari kiri) dan Kasubbag Tata Usaha Dyah Palupi (5 dari kiri) foto bersama dilaunching Sikekeu, kemarin.

SERANG, BANTEN RAYA-Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ) Universitas Terbuka (UT) Serang, dengan basis pembelajaran Learning Online terus berinovasi melakukan terobosan kearah yang lebih baik, dengan mengedepankan sistem digital di era 4.0.

UT Serang saat ini tengah mensosialisasikan aplikasi pelaporan online dengan sebutan pengembangan sistem kearsipan keuangan (Sikekeu). Dengan adanya aplikasi Sikekeu ini diharapkan dapat memberikan manfaat untuk UPBJJ UT Serang diantaranya termonitoringnya SPJ secara mudah dan transparan oleh Pimpinan, karena diarsipkan menjadi softcopy, tersusunnya SPJ dengan rapi dan mudah dicari karena diarsipkan sesuai ketentuan yang baku, setiap unit bisa mengecek arsip SPJ masing-masing kegiatan bila dibutuhkan untuk laporan.

Direktur UPBJJ-UT Serang, Maman Rumanta sekaligus mentor dalam pelaksanaan aplikasi Sikeukeu ini menyambut baik dengan hadirnya aplikasi tersebut, ia menilai Sikekeu ini akan sangat mempermudah pengarsipan dan pelaporan yang berhubungan dengan keuangan."Aplikasi ini saya pikir cukup membantu bagi para pengelola keuangan khususnya di UPBJJ UT Serang," kata Maman, kemarin.

Aplikasi Sikekeu ini masih perlu penyempurnaan, menurutnya aplikasi terbaru tersebut bisa diintregrasi dengan sistem yang sudah berjalan. "Mungkin kedepan bisa diintegrasikan dengan Manisku, sehingga bisa mempercepat SPJ Serta mempercepat proses monitoring sehingga monitoring tidak hanya sebatas mengetahui tapi juga arsipnya sekaligus bukti-bukti pekerjaan," ungkapnya.

Sementara manfaat untuk Stakeholder yaitu tersedianya sistem yang memudahkan para stakeholder mengakses arsip SPJ yang dibutuhkan. Terakhir manfaat bagi Universitas Terbuka yaitu terciptanya sistem kearsipan SPJ di UPBJJ yang akuntabel, kemudahan mengakses arsip SPJ di UPBJJ untuk Tim Audit Internal yaitu SPI, maupun Tim Audit Eksternal BPK, KAP, dan Itjen yang setip tahun rutin mengaudit di Universitas Terbuka, dan mempersingkat waktu audit sehingga bisa mengurangi anggaran perjalanan untuk Tim Audit.

Aplikasi yang nantinya akan dijadikan acuan pengarsipan SPJ online ini digagas oleh Kasubbag Tata Usaha, Dyah Palupi Setiyoningrum, kegiatan ini dikatakan Dyah dalam rangka pendidikan dan latihan kepemimpinan empat (Diklat PIM IV angkatan XVI) yang ia ikuti di BPSDMD Provinsi Jawa Tengah.

Menurut Dyah, Sikekeu ini akan terintegrasi dengan sistem yang sudah ada, hasil SPJ secara sistematis apabila diupload akan muncul dan terdeteksi, "Sebelumnya masih manual pelaporan (SPJ), ketika ada auditor akan menghabiskan waktu harus mencari datanya, sekarang (Sikekeu), semua SPJ yang sudah terupload bisa langsung dicari tidak kurang dari 5 menit," ujarnya. (satibi)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook