Sistem Satu Arah Direspons Positif

nurul roudhoh   |   Metro Serang  |   Rabu, 13 November 2019 - 14:40:17 WIB   |  dibaca: 51 kali
Sistem Satu Arah Direspons Positif

SATU ARAH: Suasana lalu lintas di Kaujon tampak lancar setelah diterapkan sistem satu arah pada Selasa (12/11) pagi.

SERANG, BANTEN RAYA- Penerapan sistem satu arah di daerah Kaujon selama pagi hari disambut positif warga. Sistem ini memperlancar warga yang melewati jalur ini, terutama ketika mengantarkan anak sekolah.

Uli, salah seorang warga mengatakan bahwa ia merespons positif penerapan sistem satu arah di Kaujon ini. Sebab ia yang setiap hari mengantarkan anaknya sekolah ke Ciracas kerap melewati jalan Kaujon.“Ini bagus karena jadi lebih lancar,” kata Uli, Selasa (12/11).

Uli menyatakan bahwa daerah Kaujon, terutama di Sekolah Al Azhar, menjadi daerah yang sangat ramai pada pagi hari. Apalagi banyak juga orang tua yang mengantarkan anak mereka ke Al Azhar menggunakan mobil. Namun jalan di daerah itu sangat sempit. Ini yang menyebabkan kemacetan kerap terjadi di daerah ini. “Apalagi kalau musim hujan,” ujarnya.

Kepala Dinas Perhubungan (Dinshub) Kota Serang Maman Luthfi mengungkapkan bahwa penerapan jalur satu arah di daerah Kaujon dilakukan karena seringnya terjadi kemacetan di daerah ini, terutama pada pagi hari ketika masyarakat mengantar anak mereka sekolah. Apalagi di Kaujon ada beberapa sekolah sehingga menjadi konsentrasi masyarakat dari Kecamatan Serang bahkan dari kecamatan di luar Kecamatan Serang daerah ini.

Maman mengatakan bahwa dibantu dengan petugas dari kepolisian setiap hari pada pagi hari mulai pukul 06.00 sampai 08.30, petugas akan mengatur lalu lintas di daerah Kaujon sehingga menjadi satu arah. Ia mengklaim penerapan satu arah ini selama dua jam pada pagi hari ini dinilai efektif untuk mengurai kemacetan yang biasa terjadi di daerah ini setiap harinya.“Terkait one way (sistem satu arah) Kaujon yang dilaksanakan pada hari ini (kemarin) sampai dengan Jumat pada hari pertama alhamdulillah berjalan lancar,” kata Maman.

Maman berharap dengan adanya sistem satu arah ini dapat membantu masyarakat yang beraktivitas pada pagi hari, khususnya yang melintasi daerah Kaujon, baik yang ingin pergi bekerja maupun yang mengantar anak mereka ke sekolah.

Adapun rekayasa lalu lintas yang diterapkan yaitu dari jalan RM HS Jayadiningrat akan dibelokkan menuju Jalan Ki Uju. Sementara simpang tiga Ki Uju satu arah. Dari Jalan KM Idris akan dibelokkan ke Jalan Ki Uju Buah Gede.

Sedangkan dari Jalan Kaujon Kidul akan dibelokkan ke Jalan Ki Uju Buah Gede. Adapun dari Jalan Kaujon Kidul Ki Uju akan dibelokkan menuju Jalan Empat Lima atau lurus menuju Jalan KH Jamkasar. Sementara dari Jalan Empat Lima akan dibelokkan ke Jalan KH Jamaksari. Terakhir, dari Jalan Kagungan akan dibelokkan ke Jalan RM HS Jayadiningrat. (tohir/rahmat)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook