Dua Rumah Rata Diterjang Angin Puting Beliung

nurul roudhoh   |   Metro Tangerang  |   Rabu, 13 November 2019 - 14:46:45 WIB   |  dibaca: 58 kali
Dua Rumah Rata Diterjang Angin Puting Beliung

AMBRUK : Kondisi rumah di Desa Tiparjaya, Kecamatan Jambe, Kabupaten Tangerang ratadengan tanah diterjang angin puting beliung, kemarin.

KAB. TANGERANG, BANTEN RAYA - Terjangan angin puting beliung memporak-porandakan dua rumah di Desa Tiparjaya, Kecamatan Jambe, Kabupaten Tangerang, Selasa (12/11) sore. Bencana tersebut menyebabkan satu warga bernama Indra (40) mengalami luka akibat tertimpa puing bangunan rumah.

Informasi yang dihimpun wartawan, ada beberapa titik dampak musibah angin puting beliung itu, yakni di Desa Daru, Desa Mekar Sari, Desa Rancabuaya, dan Ancol Pasir.Salah satu korban, Hodijah mengatakan, angina putting beliung berbalut awan hitam tebal mendadak datang. Angin seketika menerbangkan atap-atap rumah warga.

Melihat peristiwa itu, kata Hodijah, warga yang panik berhamburan menyelamatkan diri ke luar rumah. “Atap rumah terbawa angin, kondisinya sekarang jebol. Kondisinya yah sudah rusak,” ungkap Hodijah kepada wartawan di lokasi musibah angin putting beliung.

Dia mengaku panik saat puting beliung memporak-porandakan dua rumah di Kecamatan Tiparjaya dan sejumlah desa. Karena panik saat mencoba menyelamatkan adiknya yang lumpuh saat berada di rumah. “Saya panik, karena adik saya yang lumpuh sedang ada di dalam rumah, beruntung bisa diselamatkan dibantu warga,” terangnya.

Hodijah menambahkan, Pemerintah Kecamatan setempat sudah melakukan pendataan setelah menerima laporan musibah angina putting beliung. “Rumah yang hancur sudah didata pihak kecamatan,” tutupnya.

Camat Jambe, Heru Ultari mengatakan, musibah angina puting beliung yang menerjang Kecamatan Jambe mengakibatkan satu warga bernama Indra mengalami luka akibat tertima runtuhan rumahnya. Namun demikian, pihaknya sudah membawa korban it uke rumah sakit. “Tadi korban sedang tertidur dirumanya. Tiba-tiba rumahnya yang semi permanen itu ambruk dan. Korban tertimpa kusen,” katanya.

Mengetahu musibah tersebut, lanjut Heru, pihaknya langsung mendatangi lokasi dan memberikan bantuan kepada korban luka maupun korban rumah rusak. “Kalau rumh yang lain atapnya pada terbang. Tapi yang parah rumah pak Indra sampai roboh,” ujarnya.

Heru menjelasan, kerusakan rumah akibat puting beliung tidak hanya dialami di Desa Tiparjaya namun sejumlah desa di Kecamatan Jambe. “Ada lima desa yang terkena puting beliung yaitu Desa Tiparjaya, Desa Daru, Desa Mekarsari, Desa Rancabuaya dan Desa Ancol Pasir. Total rumah yang mengalami rusak masih dilakukan pendataan,” ungkapnya.

Senada disampaikan Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Tangerang, Kosrudin. Ia mengaku hingga saat ini pihaknya masih melakukan pendataan terhadap warga yang rumahnya mengalami kerusakan.

Berdasarkan data sementara, ada 34 rumah rusak akibat sapuan angina putting beliung. “Ada 34 rumah yang mengalami kerusakan ringan dan berat. Kemungkinan jumlah akan bertambah, kami masih melakukan pendataan ke lima titik yang berbeda,” singkatnya. (imron)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook