Ketua IMI Banten Ikut Nyalon Ketua Kadin

nurul roudhoh   |   Serang Raya  |   Rabu, 13 November 2019 - 14:59:32 WIB   |  dibaca: 69 kali
Ketua IMI Banten Ikut Nyalon Ketua Kadin

RAMAI : Ketua Panitia Pengarah Mukab Kadin Kabupaten Serang Nunung Nursyiamudin (ketiga dari kanan) menyerahkan formulir pendaftaran kepada Tb Roy F Basuni.

SERANG - Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Provinsi Banten Tb Roy Fachroji Basuni turut meramaikan bursa kandidat ketua Kamar Dagang dan Industri Kabupaten Serang setelah mengambil formulir pendaftaran, Jumat (8/11) lalu.

Ketua Panitia Pelaksana Musyawarah Kabupaten (Mukab) VII Kadin Kabupaten Serang Ary Yudianto mengatakan, dengan Tb Roy, maka jumlah orang yang mengambil formulir pendaftaran ketua Kadin menjadi dua orang. Sebelumnya Agus Firman Sundari mendaftar pada hari kedua pendaftaran dibuka. "Yang kemarin sudah mengambil formulir Pak Tb Roy.

Sampai tadi (kemarin -red) belum ada lagi. Tapi kalau yang menanyakan dan menyatakan berminat sudah ada. Ada dari Bojonegara, ada dari Serang timur. Bilang mereka pada mau daftar," kata Ary kepada Banten Raya, Selasa (12/11).

Sama seperti Agus Firman Sundari, kata Ary, Tb Roy pun tidak mempermasalahkan biaya partisipasi calon ketua kadin yang mencapai Rp200 juta. "Enggak keberatan. Ya mungkin prestise juga kalau untuk calon ketua kadin. Tapi kita Rp200 juta itu perhitungan riil untuk akomodasi. Kalau dibandingkan dengan daerah lain, Kabupaten Serang kan paling rendah," katanya.

Ary mengatakan, pendaftaran dibuka sampai 27 November mendatang, setelah itu pihaknya akan melakukan verifikasi berkas calon, mulai dari persyaratan pribadi, sampai syarat dukungan perusahaan. Khusus untuk perusahaan, Kadin Kabupaten Serang akan melakukan verifikasi bersama Kadin Banten. "Kita bareng sama provinsi verifikasinya. Contoh untuk perusahaan, bener gak terdaftar di kabupaten dan di provinsi juga. Khawatir ada yang daftar di provinsi tapi di kabupaten tidak diberi tahu. Jadinya bersama-bersama," katanya.

Sekretaris Panitia Pengarah Mukab Kadin Kabupaten Serang Isbandi berharap mukab berjalan dengan demokratis. "Patokan kita melaksanakan mukab itu ya AD ART (anggaran dasar anggaran rumah tangga) dan PO (peraturan organisasi) saja, termasuk hasil konsultasi dengan Kadin provinsi," kata Isbandi.

Dalam proses pencalonan ketua kadin, para kandidat akan diminta untuk memaparkan visi misi mereka di hadapan peserta mukab. "Agar peserta bisa menilai bagaimana Kadin akan di bawa ke depan," katanya.

Kadin ke depan, kata Komisaris PT Serang Berkah Mandiri ini memang memiliki tantangan yang cukup berat, terutama untuk perusahaan lokal yang ada di Kabupaten Serang. "Sekarang satu sisi BUMN sudah masuk ke daerah. Ranah pekerjaan yang mestinya dikerjakan perusahaan lokal, dikerjakan BUMN. Kemudian  Pemanfaatan era digital yang menjadi perusahaan banyak yang belum menyesuaikan diri.

Belum lagi bagaimana kadin itu bisa sinergi dengan pemda termasuk dunia usaha dan industri. Di Kabupaten Serang ini luas, ada 700 perusahaan. Kalau bisa sinergi bisa menguatkan kekuatan lokal," kata Isbandi.

Isbandi berharap, ke depan Kadin bisa berjaya lagi, kembali memiliki peran sebagai mitra pemda mendorong pembangunan pertumbuhan ekonomi, termasuk mitra perusahaan-perusahaan swasta. "Persoalannya kan perusahaan itu berpikir apa sih manfaatnya jadi anggota kadin. Makanya tantangan ke depan bagaimana Kadin punya nilai lebih," katanya. (fikri)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook