Warga Kampung Kembang Didorong Berinovasi

nurul roudhoh   |   Serang Raya  |   Kamis, 14 November 2019 - 10:16:29 WIB   |  dibaca: 28 kali
Warga Kampung Kembang Didorong Berinovasi

TUNJUNGTEJA – Tim 7 juri Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA) Kabupaten Serang 2019 mendapat sambutan hangat dari warga RW 02, Kampung Kembang, Desa Bojongpandan, Kecamatan Tunjungteja, Rabu (13/11). Juri pun mendorong warga dan Pemerintah Desa Bojongpandan untuk berinovasi menata kampung.

Tim juri berjumlah lima orang dari unsur Radar Banten, Pemkab Serang, Polda Banten, dan Korem 064/Maulana Yusuf Serang tiba di Kantor Desa Bojongpandan sekira pukul 11.00 WIB. Bersama Kepala Desa Bojongpandan Hulman, tim juri langsung menuju RW 02, Kampung Kembang.

Di perkampungan itu, ternyata puluhan ibu-ibu dan sejumlah pemuda telah berkumpul di jalan. Mereka menyambut kedatangan tim juri. Sinar matahari yang terik pun tak membuat semangat kelima juri kendur saat meninjau sejumlah sudut Kampung Kembang.

Pagar bambu berwarna merah dan putih berdiri di sepanjang jalan lingkungan. Deretan pot bunga menghiasinya. Pot-pot tanaman hias dan bunga juga tertata di halaman depan rumah warganya. Selokan di pinggir jalan lingkungan itu terlihat bersih.

Anggota tim 7 juri LKBA 2019 Mayor Infantri Uung menilai, RW 02, Kampung Kembang, sudah memenuhi beberapa kriteria penilaian. Di antaranya, partisipasi warga, kebersihan lingkungan, dekorasi lingkungan, dan kelompok pemuda sadar hukum yang telah memiliki legalitas dari Kepala Desa Bojongpandan. “Saya lihat lingkungannya sudah bagus, rapi. Sambutan warganya juga luar biasa,” kata Uung.

Namun, perwira menengah TNI AD itu menyarankan Pemerintah Desa Bojongpandan dan warga Kampung Kembang untuk melengkapi peralatan pos ronda. Seperti, jadwal ronda malam, kentongan, dan nomor telepon penting. “Harus ada inovasi desa juga seperti pengolahan daur ulang sampah untuk perekonomian warga,” ujarnya.

Menanggapi itu, Hulman mengaku, siap mengajak warganya untuk lebih giat bergotong royong memperbaiki lingkungan. Ia berjanji akan melakukan pengecatan jalan dan membuat inovasi daur ulang sampah. “Warga kami selalu kompak dan yakin pasti juara,” tukasnya.

Hulman mengakui, LKBA Kabupaten Serang 2019 merupakan program yang sangat bagus. Lomba tersebut mampu menumbuhkan kesadaran warganya terhadap pentingnya hidup bersih dan aman. LKBA juga mampu membuat warga termotivasi memperbaiki lingkungan. “Semoga LKBA 2019 terus diselenggarakan rutin supaya lingkungan makin bersih dan aman,” harap Kepala Desa Bojongpandan itu. (mg06/don/ira)  

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook